Cemerlang di Dunia Pergerakan dan Usaha, Almarhum Viktor Sirait Teladan Bagi Generasi


98 view
Foto Dok
Viktor Sirait semasa hidupnya
Nias (SIB)
Firman Jaya Daeli, politisi PDIP memiliki pengamatan positif tentang Viktor Sirait, Komisaris BUMN PT Waskita Karya yang meninggal dunia pada usia muda, Kamis (18/2) di RS Cibinong karena gagal jantung.

Catatan Firman Jaya yang diterima SIB, Sabtu (20/2), Viktor Sirait juga merupakan Ketua Umum DPP Bara JP yang meninggal di usia 47 tahun, dikatakan aktifis lurus sejak kuliah dan menamatkan studi dari kampus terbaik Institut Teknologi Bandung. Bergumul dengan berbagai permasalahan dan tantangan zaman yang serba kompleks, proaktif melakukan pembelaan dan pendampingan rakyat pada masanya.

Firman Jaya Daeli, politisi PDIP juga menyaksikan, Viktor Sirait adalah salah seorang pengusaha yang mandiri dan relatif berhasil. Kemandirian dan keberhasilan ini dilalui dengan penuh dinamika dan tantangan yang serba heroik. Kepribadian Viktor sebagai pengusaha, pada dasarnya selalu peduli memajukan masyarakat.

Bersama kawan-kawannya, almarhum mentransformasi nilai-nilai positif ke kawasan yang lebih luas, hingga pada akhirnya mendirikan komunitas relawan Bara JP dengan pergerakan berorientasi pengabdian memajukan masyarakat Indonesia.

Firman Jaya bernostalgia, dalam suatu diskusi bersama almarhum sekitar tahun 2005 silam, pernah ada sekelumit kisah. "Saya selaku salah satu Ketua DPP PDIP meminta Viktor Sirait menjadi seorang fungsionaris di departemen yang saya bidangi. Viktor yang sebelumnya sudah ingin bergabung ke PDIP akhirnya bergabung, walau kemudian kurang aktif karena banyaknya kesibukan," ulasnya.

Viktor dikatakan selalu tampil sebagai sosok yang "merah putih", sampai akhir hayatnya, memiliki sifat bersahaja dan berkomitmen. "Selamat jalan Ir Viktor Sirait," tutup Firman Jaya Daeli. (BR9/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com