Cetak dan Edarkan Upal, Warga Bangunpurba Diringkus Polisi


165 view
Cetak dan Edarkan Upal, Warga Bangunpurba Diringkus Polisi
Foto.Dok/Polresta Deliserdang
UPAL : Tersangka DK diamankan bersama mesin cetak printer yang digunakan mencetak upal, menjalani pemeriksaan di Polresta Deliserdang, Minggu (5/9/2021).
Lubukpakam (harianSIB.com)

Diduga mengedarkan uang palsu (upal), seorang pria berinsial DK (24) warga Desa Batu Gingging Kecamatan Bangunpurba Kabupaten Deliserdang, diringkus Personel Polsek Bangunpurba Polresta Deliserdang, Jumat (3/9/2021) pukul 11.00 WIB.

Informasi diperoleh Jurnalis Koran SIB Lisbon Situmorang, DK yang disebut-sebut petugas honor jaga malam di kantor Camat Bangunpurba itu, sebelumnya membelanjakan uang palsu pecahan Rp 50.000, di salah satu kafe di Dusun III Desa Bangunpurba Kecamatan Bangunpurba.

Mengetahui uang pembayaran nominal Rp 50.000 adalah palsu, pemilik kafe melaporkan temuan itu kepada personel Polsek Bangunpurba dan mengamankan DK dari kediamannya.

Kapolresta Deliserdang ketika dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Kompol Muhammad Firdaus SIK MH, Minggu (5/9/2021) sore, mengatakan setelah menjalani pemeriksaan DK ditetapkan sebagai tersangka melanggar pasal 244 KUHPidana, dengan mengamankan satu lembar upal pecahan Rp 50.000.

Dalam pemeriksaan, tersangka DK mengaku telah mencetak uang palsu pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000, dengan kertas menggunakan mesin cetak printer. Tersangka sudah mencetak sebanyak Rp 1,2 Juta dan diedarkan dengan cara belanja di Galang dan Medan.

“Guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka DK menjalani pemeriksaan di Sat Reskrim Polresta Deliserdang” jelas M. Firdaus. (*)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com