Copot 3 Kajati dan 8 Kajari, Ketua Komisi I DPRD Medan Puji Sikap Tegas Jaksa Agung


273 view
Copot 3 Kajati dan 8 Kajari, Ketua Komisi I DPRD Medan Puji Sikap Tegas Jaksa Agung
Foto Dok
Rudiyanto Simangunsong SPdI
Medan (SIB)
Sikap tegas yang diambil Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dengan mencopot 3 Kajati dan 8 Kajari sudah sangat bagus dan mencerminkan adanya upaya untuk membersihkan aparat penegak hukum yang berlaku curang dan memperkaya diri sendiri dengan bermain proyek.

“Menurut kami, tindakan itu paten dan sangat baik dalam rangka membersihkan anggotanya yang diduga bermain proyek anggaran pendapatan dan belanja di daerah,” ujar Ketua Komisi I DPRD Medan, Rudiyanto Simangunsong SPdI, Rabu (16/6) kepada wartawan.

Disebutkannya, langkah yang diambil Jaksa Agung ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa. “Kita patut dan layak mengapresiasi sesuai semangat yang ditularkan Presiden RI, Joko Widodo,” ujar Politisi PKS ini.

Karena itu, langkah ini dapat dilakukan secara nasional agar Kajati dan Kajari dapat fokus melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya sebagai aparat penegak hukum dan tidak tergoda untuk bermain proyek.

Lagipula, sebut Ketua F-PKS DPRD Medan ini, tidak pantas seorang aparat penegak hukum, apalagi yang memiliki jabatan strategis di daerah bermain proyek. Sudah pasti, produk hukum yang dijalankannya akan bias dan tidak lagi mencerminkan keadilan.

Tindakan tegas Jaksa Agung ini diharapkan bisa menjadi peringatan keras bagi seluruh Kajati dan Kajari yang ada di Indonesia agar mereka bisa bekerja sesuai Tupoksinya. “Kita mau Indonesia ini bisa menjadi negara hukum yang benar-benar tegak dan tidak bias akibat faktor apapun,” pungkasnya. (A12/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com