DKPP Tolak Gugatan Aduan Terhadap KPUD Karo


124 view
Internet
Logo Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum
Kabanjahe (SIB)
Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia menolak gugatan pengaduan salah satu Paslon Bupati/Wakil Bupati Karo terhadap KPUD Kabupaten Karo. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan DKPP nomor 111-PKE-DKPP/III/2021 yang dibacakan dalam sidang putusan pada 9 Juni 2021 mengenai pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu.

Menurut Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan, Kamis (10/6), seperti yang tertuang dalam putusan sidang DKPP, pengaduan diajukan oleh tim Paslon Bupati/Wakil Bupati nomor urut 1, Jusua Ginting dan Saberina Tarigan yang dikuasakan kepada Maha Awan Buana dan Drajad Wahyu Sasongko. Sementara, pihak teradu yakni Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan serta 4 komisioner lainnya.

Dalam aduannya, pengadu menyerahkan 9 barang bukti kepada DKPP terkait berbagai kecurangan KPUD Karo hingga meloloskan Paslon nomor urut 5 (Cory-Theo) ikut dalam kontestan Pilkada sampai akhirnya ditentukan sebagai pemenang Pilkada Karo. "Pengadu menyebutkan bahwa adanya kecurangan secara administratif terkait kelengkapan syarat calon dan pencalonan.

Menurut keputusan angota DKPP Teguh Prasetyo dkk, yang tertuang dalam surat putusan, atas penilaian fakta yang terungkap dalam persidangan sebagaimana telah diuraikan dalam surat putusan, dan juga telah memeriksa keterangan pengadu, memeriksa jawaban dan keterangan teradu, saksi saksi pihak terkait dan memeriksa segala dokumen terkait maka DKPP mengambil satu keputusan. "Menolak pengaduan pengadu seluruhnya," katanya dalam surat putusan.

Selain itu, DKPP memerintahkan merehabilitasi nama ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan dan keempat komisioner lainnya yang turut sebagai teradu sejak putusan tersebut dibacakan.(b1/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com