DPRD Belum Bisa Lakukan Paripurna Pengusulan Pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar


267 view
DPRD Belum Bisa Lakukan Paripurna Pengusulan Pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar
Internet
Ilustrasi Kepala Daerah
Pematangsiantar (SIB)
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar belum bisa melakukan paripurna pengusulan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2017-2022, meski pasangan Asner Silalahi dan Susanti Dewayani telah ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilkada Kota Pematangsiantar tahun 2020.

"Yang mengangkat dan memberhentikan itu kan kewenangan Kementrian Dalam Negeri. Nah, kalau belum ada suratnya (dari Kemendagri), belum bisa diparipurnakan untuk usulan pemberhentian (Wali Kota dan Wakil Wali Kota)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar, Eka Hendra, Senin (8/2).

Eka menyebut, hingga kini, anggota DPRD Pematangsiantar masih menunggu surat dari Gubernur Sumatera Utara, terkait berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2017-2022.

Sebelumnya, Kabag Tapem Pemko Pematangsiatar, Titonica Zendrato SSTP menyebut, sejauh ini, belum ada peraturan menteri yang menyatakan masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2017-2022 akan berkahir tahun 2021.

"Belum ada masih menunggu petunjuk Kementerian Dalam Negeri. Karena SK pengangkatan kepala daerah itu kan SK Mendagri. Itu berjenjang, harus ke provinsi dulu, karena kan provinsi sudah mewakili pemerintah pusat di daerah," ujar Tito, Minggu (7/2). (S11/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com