Senin, 22 Juli 2024

DPRD Deliserdang Bahas Ranperda Bertujuan Antisipasi Dini Penyalahgunaan Narkoba

Redaksi - Senin, 19 Desember 2022 17:19 WIB
167 view
DPRD Deliserdang Bahas Ranperda Bertujuan Antisipasi Dini Penyalahgunaan Narkoba
(Foto: Dok/DPRD)
BAHAS : Ketua Pansus Ranperda, Imran Obos (tengah) dan dewan lainnya membahas tentang regulasi cegah dini penyalahgunaan narkoba di Lubukpakam baru-baru ini. 
Lubukpakam (SIB)
Ketua Panitia Khusus Rancangan Peraturan Daerah (Pansus Ranperda) Penanggulangan Narkoba, Imran Obos SE mengatakan, sebagai pembuat regulasi di DPRD Deliserdang, nantinya akan ada regulasi dibuat Pemkab tentang penekanan terhadap antisipasi dini penyalahgunaan narkoba.

Antisipasi dimaksud diberlakukan di kalangan pemerintah, masyarakat, kalangan dewan serta kalangan usaha yang bisa dikendalikan.

"Artinya kan pansus itu buat aturan, jadi ada rasa tanggungjawab dan komitmen semua pihak untuk melaksanakan regulasi itu nanti. Kita (DPRD -red) fasilitasi terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba," kata Imran saat dihubungi, Minggu (18/12), di Lubukpakam.

Ia menegaskan, dalam regulasi nantinya Pemkab Deliserdang bukan aparat hukum seperti kepolisian dan lainnya yang dapat menangkap pelaku.

Namun dalam konteks antisipasi dini, misalnya sosialisasi di lembaga pemerintah, sekolah dengan bekerjasama partisipasi publik semua masyarakat.

"Lalu akan ada kewajiban setiap orang bila ada indikasi peredaran narkoba supaya melaporkan. Jadi sangsi-sangsi dalam regulasi itu maka pemerintah kan sifatnya sangsi ringan, yaitu administratif terhadap pelayanan publiknya dihentikan bila ternyata dia merupakan pengedar. Seperti itu gambaran ranperda penanggulangan narkoba tersebut," terang politisi PAN itu.

Setelah itu pemerintah juga akan memfasilitasi sebagai tanggungjawab pemerintah daerah, komitmen terhadap rehabilitasi. Rehabilitasi ada berbentuk medis dan ada berupa rehabilitasi tinggal di panti.

"Intinya pansus ini kita dorong agar berkomitmen pemerintah daerah terhadap mencegahnya peredaran bahaya narkoba. Tugas Pemkab nanti sebenarnya banyak, yaitu menjadwalkan semua kalangan melaksanakan sosialisasi terhadap perang terhadap narkoba itu di tengah masyarakat.

Baru-baru ini Pansus Ranperda tentang Penanggulangan Narkoba melaksanakan Rapat Kerja Internal diruang Rapat Komisi III DPRD Deliserdang.

Rapat dipimpin Imran Obos (Fraksi PAN) yang dihadiri anggota Dedi Syahputra (Fraksi Gerindra), Simon Sembiring (Fraksi Gerindra), Antonius Ginting (Fraksi Nasdem), M Adami Sulaeman (Fraksi PPI) dan Ir. Mhd. Darbani Dalimunthe (Fraksi KBNR). (C3/f)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polsek Barumun Tengah Laksanakan Minggu Kasih dan Patroli di Gereja HKBP Siboris Dolok
Polisi Setop Pengendara Bawa Sabu di Pematangsiantar
Polsek Belawan Ringkus Terduga Pelaku Pungli Pengemudi Truk
Kasat Binmas AKP RS Nainggolan Gelar Penyuluhan di Sekolah MTSN 1 Palas
Pengedar Sabu di Labuhanbatu Ditembak
Seorang Wanita Pengguna Narkoba di Langkat Ditangkap Polisi
komentar
beritaTerbaru