DPRD Labusel Evaluasi Penggunaan APBDes


368 view
Kotapinang (SIB)- DPRD  Labusel akan mengevaluasi dan mendalami penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) seluruh desa di Labusel. Jika ditemukan ada penyimpangan, akan direkomondasi ke aparat hukum.

Hal itu diungkap Ketua Komisi B DPRD Labusel, Zainal Harahap kepada wartawan, Jumat (20/1).

Dikatakan, DPRD telah mengirimkan surat ke seluruh kepala desa terkait rencana tersebut.

"Kami sudah kirimkan surat ke seluruh desa agar semua dokumennya dipersiapkan. Beberapa desa yang sudah dakukan evaluasi, yakni Desa Simatahari dan Desa Mandalasena di Kec. Kotapinang dan Desa Binanga Dua di Kec. Silangkitang. Jika ditemukan ada penyelewenangan akan kita rekomondasi ke instansi terkait, yakni Inspektorat, BPKP, Polres, dan Kejaksaan," katanya.

Dia mengatakan, pada evaluasi ini dewan terjun ke setiap desa untuk melihat langsung hasil pekerjaan yang dibiayai APBDes. Sedangkan mengenai desa-desa yang akan dikunjungi, menurutnya dilakukan secara acak.

"Sejauh ini belum ada temuan-temuan berarti," katanya.

Disebutkan, evaluasi yang dilakukan ini sebagai antisipasi agar penggunaan APBDes tepat sasaran dan tidak menyimpang. Apa lagi kata dia, pada 2017 ini APBDes yang akan diterima masing-masing desa menapai Rp2 miliar.

"Kami apresiasi karena APBDes terus mengalami peningkatan. Namun jangan sampai anggaran tersebut diselewengkan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Labuhanbatu, untuk lebih fokus mengawasi penggunaan anggaran tersebut," katanya. (D19/l)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com