DPRD Minta Pemkab Toba Tegas Tutup Galian C Ilegal


202 view
DPRD Minta Pemkab Toba Tegas Tutup Galian C Ilegal
Foto : Internet
Ilustrasi.

Toba (SIB)

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toba melalui Komisi B, meminta Bupati Toba Poltak Sitorus menindak tegas serta menutup galian C ilegal yang telah merusak lingkungan di Kabupaten Toba.


Hal itu terungkap sesuai laporan Komisi B DPRD Toba atas laporan pertanggungjawaban Bupati Toba tahun anggaran 2021 pada rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Toba, Mangatas Silaen, Senin (27/6).


Hal yang sama juga disampaikan Badan Anggaran DPRD, agar Dinas Lingkungan Hidup, dapat memonitoring dan menerbitkan galian C yang tidak memiliki ijin dengan memberikan teguran administrasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan tindakan.


Dalam laporan Komisi B yang disampaikan Torang Sitorus, selain masalah galian C Ilegal, Pemerintah Kabupaten Toba diminta melakukan penanganan serius terhadap banjir parah yang masih sering terjadi di ruas jalan bundaran Balige menuju simpang tiga kantor bupati, pada saat musim penghujan yang berubah gambar menjadi sungai. Di mana hal tersebut, belum teratasi selama 4 periode bupati hingga saat ini.


Pada rapat paripurna yang dihadiri Bupati Toba Poltak Sitorus dan Wabup Tonny M Simanjuntak, serta Pj Sekdakab Toba Augus Sitorus, Komisi A, Komisi C, Badan Anggaran, serta Badan Pembentukan Peraturan Daerah tentang perubahan peraturan DPRD Kabupaten Toba nomor 2 tahun 2020, tentang tata tertib DPRD Kabupaten Toba, juga turut menyampaikan laporannya.


Komisi C minta Pemkab Toba, secara khusus dinas terkait, agar segera menindaklanjuti proses serah terima pajak tradisional Balige dari kementerian kepada Pemkab Toba. Sehingga pedagang yang berlokasi di tanah lapang Sisingamangaraja, segera mungkin dapat menempati kios atau lapak. (G1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com