DPRD SU: Aksi Warga Liang Melas Kirim 3 Ton Jeruk ke Jokowi Puncak Kekecewaan ke Pemkab Karo


1.008 view
DPRD SU: Aksi Warga Liang Melas Kirim 3 Ton Jeruk ke Jokowi Puncak Kekecewaan ke Pemkab Karo
Foto Dok/kiriman masyarakat
Hancur-lebur: Beginilah kondisi jalan menuju Liang Melas Datas Karo, hancur-lebur, berlumpur dan penuh dengan jebakan maut, karena sudah 25 tahun tak tersentuh pembangunan.
Medan (harianSIB.com)
Kalangan DPRD Sumut menegaskan, aksi heroik warga Liang Melas Datas Karo yang tergabung dalam Rudang-rudang Pengarapen Liang Melas Datas (RRP LMD) yang mengirim oleh-oleh 3 ton jeruk manis kepada Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, merupakan puncak kekecewaan masyarakat terhadap Pemkab Karo yang sudah 25 tahun lebih menterlantarkan jalan desa mereka.
Hal itu ditegaskan anggota DPRD Sumut Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Salmon Sumihar Sagala dan H Anwar Sani Tarigan SE kepada Jurnalis Koran SIB Firdaus Peranginangin, Sabtu (4/12/2021) di Medan ketika dihubungi melalui telepon menanggapi aksi warga Liang Melas Datas Kabupaten Karo yang membawa oleh-oleh 3 ton jeruk ke Istana Negara Jakarta.
Seperti diketahui selama ini, tandas Salmon Sagala, kondisi jalan Liang Melas Datas mulai dari Desa Sukajulu - Desa Kutambaru Punti - Batumamak Kecamatan Tigabinanga - Desa Polatebu Kecamatan Kutabuluh - Desa Kutambelin Kecamatan Laubaleng - Desa Kutapengkih - Dusun Barisen - Dusun Cerumbu - Dusun Kutakendit Kecamatan Mardinding Karo, sudah 25 tahun "hancur-lebur" tak tersentuh pembangunan.
"Jalan sepanjang sekitar 39 - 40 Km yang berada di wilayah 4 kecamatan tersebut saat ini benar-benar dalam kondisinya hancur-hancuran, tidak layak disebut jalan desa, karena hanya bisa dilintasi roda empat gardan dua sejenis Jeep Hardtop, sehingga sangat menyulitkan masyarakat untuk memasarkan hasil pertaniannya ke ibukota kecamatan," ujar Salmon Sagala.
Padahal, tambah Salmon Sagala, masyarakat Liang Melas Datas, setiap tahun "berteriak" agar Pemkab Karo memperbaiki jalan ke desa mereka. Bahkan sudah beberapa kali melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Bupati Karo, agar jalan kampung mereka yang berlumpur segera diaspal atau pasang batu. Tapi tidak digubris, sehingga tibalah pada puncak kekecewaan masyarakat, dengan mengirimkan oleh-oleh 3 ton jeruk manis kepada Presiden Jokowi.
"Kita berharap agar rombongan RRP LMD yang membawa 3 ton jeruk manis dengan menggunakan satu unit truk dan dua unit kendaraan pribadi bisa bertemu dengan Presiden Jokowi di Jakarta. Mudah-mudahan ada solusi yang bisa dicapai terkait rusaknya infrastruktur jalan menuju desa mereka," harap Salmon Sagala.
Selain itu, politisi PDI Perjuangan Sumut ini juga minta Pemkab Karo Cq Dinas PUPR Karo untuk mengalokasikan anggaran perbaikan jalan menuju Liang Melas Datas di APBD Karo TA 2022, minimal Rp50 miliar, agar bisa dimanfaatkan untuk pemasangan jalan batu.
"Jika Pemkab Karo hanya mengalokasikan Rp6 miliar di APBD Karo TA 2022 seperti yang disampaikan Bupati Karo Cory Br Sebayang pada saat temu pers, Jumat (3/12/2021), sangat tidak mencukupi, karena dengan anggaran sekecil itu hanya mampu memperbaiki beberapa Km saja dan itu tidak ada manfaatnya bagi masyarakat, karena kondisi jalan saat ini luar biasa hancurnya," tegas Salmon.
Sementara itu, Anwar Sani Tarigan berharap, setelah adanya aksi heroik masyarakat Liang Melas Datas memberikan oleh-oleh kepada Presiden Jokowi, muncul keinginan Pemkab Karo untuk membangun jalan yang sudah seperti "jalan sawah" penuh dengan lumpur dan jebakan maut tersebut, agar masyarakat bisa dengan tenang memasarkan hasil pertaniannya.
"Intinya kita sangat berharap agar Pemkab Karo bisa melaksanakan pembangunan secara merata, jangan "anaktirikan" masyarakat Liang Melas Datas yang sudah 25 tahun menderita jalan hancur," terang Anwar Sani sembari berharap agar pembangunan infrastruktur jalan Liang Melas Datas bisa diperhatikan Pemkab Karo.(*).

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com