DPRD SU: BP2RD Sumut Perlu Lebih Gesit Tagih Pajak APU


134 view
DPRD SU: BP2RD Sumut Perlu Lebih Gesit Tagih Pajak APU
Foto: Ist/harianSIB.com
Salmon Sumihar Sagala.

Medan (SIB)


Anggota DPRD Sumut Salmon Sumihar Sagala meminta kepada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Sumut untuk lebih gesit menagih pajak Air Permukaan Umum (APU) di perusahaan-perusahaan besar di Sumut, guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sumut.

"Kenapa kita harapkan BP2RD lebih gesit menagih pajak APU, tujuannya agar realisasi target PAD di tahun 2023 bisa lebih dimaksimalkan, karena masih banyak perusahaan yang menggunakan APU belum tertagih pajaknya," tegas Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Minggu (2/10) di Medan.

Menurut politisi PDI Perjuangan Sumut ini, jika BP2RD Sumut melakukan investigasi di lapangan, dipastikan banyak terjaring perusahaan besar yang selama ini menggunakan APU, tapi tidak tertagih pajaknya, sehingga perlu dimaksimalkan kembali pendataannya.

"Di sini kita minta kepada tim penagih pajak APU BP2RD bersikap tegas terhadap setiap wajib pajak APU, agar tidak ada lagi kebocoran atau tidak tertagih perusahaan yang selama ini menggunakan APU," tambahnya.

Selain itu, ujar anggota dewan Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat ini, pihaknya juga mendesak BP2RD secepatnya dilakukan pemetaan ulang tentang tarif pajak APU yang dinilai masih sangat murah, jika dibandingkan dengan daerah lain.

"Segera lakukan pemetaan ulang tarif pajaknya, sebab pajak APU ini merupakan primadona bagi penambahan PAD, jika pengutipannya dimaksimalkan," tandas Salmon sembari berharap kepada tim penagih pajak APU agar jeli melihat peluang ini, jangan sampai banyak perusahaan tidak tertagih APU-nya. (A4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com