DPRD SU: Dinas ESDM Harus Selektif Pilih Perusahaan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis PLTS


96 view
DPRD SU: Dinas ESDM Harus Selektif Pilih Perusahaan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis PLTS
Foto: dok ist
Anggota FP Demokrat DPRD Sumut, Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM
Medan (SIB)
Anggota FP Demokrat DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM mengingatkan Dinas ESDM (Energi Sumber Daya Mineral) Sumut agar benar-benar selektif memilih perusahaan pemasangan instalasi listrik gratis dalam proyek PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di sejumlah kabupaten/kota di Sumut.

"Saat ini Dinas ESDM Sumut sedang melakukan tender proyek pekerjaan pemasangan instalasi listrik gratis di sejumlah desa yang belum masuk listrik. Dalam hal ini, Dinas ESDM kita ingatkan jangan sembarangan memenangkan perusahaan, jika tidak memiliki sertifikasi dan kompetensi sesuai bidangnya," tegas Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Rabu (15/9) melalui telepon di Medan.

Bahkan Parlaungan juga meminta Dinas ESDM agar melibatkan Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) dalam menyeleksi perusahaan yang benar-benar layak untuk mengerjakan proyek listrik masuk desa secara gratis yang anggarannya bersumber dari APBD Sumut TA 2021.

"Untuk mengerjakan proyek instalasi listrik gratis ini dibutuhkan perusahaan yang benar-benar berkualitas sesuai dengan Perusahaan Umum Instalasi Listrik (PUIL), karena tidak boleh dilakukan secara sembarangan, sebab sangat rawan terjadi kebakaran," tegas Parlaungan.

Berkaitan dengan itu, tandas Ketua AKLI Sumut itu, Dinas ESDM Sumut harus jeli, jangan sampai perusahaan pemenang tender proyek instalasi listrik gratis ini tidak memiliki Sertifikat Layak Operasi (SLO), sehingga bisa membahayakan masyarakat pengguna PLTS tersebut nantinya.

"Dinas ESDM harus memberdayakan sejumlah badan usaha bidang elektrikal dan mekanikal yang benar-benar memiliki sertifikat dan kompeten, agar perusahaan pemenang tender benar-benar berkualitas dan ahli di bidangnya," tandas Parlaungan.

Seperti diketahui, katanya, Dinas ESDM Sumut saat ini sedang melakukan proses tender proyek PLTS di Desa Hutajulu Parbalik, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Taput yang anggarannya mencapai Rp1 miliar dari dana APBD Sumut TA 2021.

Begitu juga sejumlah desa di kabupaten/kota di Sumut lainnya yang belum terpasang arus listrik, Dinas ESDM akan melakukan pemasangan instalasi listrik gratis, dengan tujuan seluruh masyarakat Sumut bisa menikmati "terang-benderangnya" listrik.(A4/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com