Konferda GAMKI di Samosir

DPRD SU: Ketua ke Depan Harus Mampu Bawa Politik Gereja ke Kekuasaan


190 view
DPRD SU: Ketua ke Depan Harus Mampu Bawa Politik Gereja ke Kekuasaan
Foto Dok
Jonius Taripar Parsaroan Hutabarat -Alex Ramandey
Medan (SIB)
Ketua Caretaker Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumatera Utara (SU) Maruli Silaban ST, SH menjelaskan, hasil pleno lengkap caretaker pada Minggu (18/7) mengangkat Alex Ramandey sebagai Ketua Panitia Konferensi Daerah (Konferda) GAMKI SU yang akan diadakan di Samosir, 27 - 28 Agustus. “Ketua panitia dan unsur bekerja sama dengan panitia daerah dari DPC GAMKI Samosir,” ujarnya di Medan, Kamis (22/7).

Alex Ramandey mengatakan pihaknya menjalankan tugas sesuai AD/ART tapi memerhatikan perkembangan pandemi, maka seluruh pihak yang terlibat harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Khusus yang berasal dari luar daerah, tetap menjalani prosedur tambahan prokes. “Sesuai arahan dari SC dan penanggung jawab yakni Ketua Caretaker, konferda harus sejalan dengan peraturan yang dikeluarkan otoritas,” tegas putra berdarah Papua tersebut.

Menurutnya, panitia akan mengundang resmi DPC GAMKI sebagai peserta. “Bila sudah menerima, berkoordinasi dengan panitia dan atau caretaker untuk urusan seperti yang digariskan,” tambah putra mantan Ketua DPC PWKI Manokwari - Papua Barat, Christina Leiwakabessy tersebut.

Terpisah, anggota DPRD SU Jonius Taripar Parsaroan Hutabarat berharap, pesta demokrasi GAMKI SU tersebut melahirkan ketua yang mampu membawa politik gereja ke kekuasaan. “Politik gereja adalah kasih. Jika kasih tersebut mampu masuk ke pusat kekuasaan, maka tuntunan Alkitab yang berseru agar umat manusia mendapat kesejahteraan di bumi dan di surga, dapat diraih,” tegas mantan Kapolres Tapanuli Utara tersebut.

Menurutnya, banyak pihak berharap GAMKI menjalankan peran lebih besar dari apa yang ada sekarang. “Kekuasaan itu obyeknya masyarakat. Gereja itu obyeknya jemaat. Sama-sama obyeknya. Jika politik gereja diakomodir, niscaya kesejahteraan didapat,” tambah pria yang populer disapa JTP Hutabarat tersebut.

Ia mengharap, karena konferda level provinsi maka target kekuasaan adalah sepanter. “Secara pribadi, saya sudah sharing pada Gubernur Edy Rahmayadi tentang banyak hal terkait kekristenan. Pak Gub mengaminkan formula yang saya sampaikan dalam membangun SU dengan melibatkan peran serta warga, khususnya kalangan Nasrani lebih maksimal,” papar JTB Hutabarat.

Kandidat Ketua
Sebelumnya Maruli Silaban mengatakan, selama konsolidasi ke kabupaten kota, caretaker menangkap suara ada tiga kandidat ketua yakni Jonius Taripar Hutabarat, Darwin Sitompul dan Saut Bangkit Purba. Ketiganya juga sudah mengungkapkan secara lisan. “Pada Sabtu (17/7) ketika acara DPC GAMKI Simalungun di Pematangraya, ada seorang kader menyatakan menjadi kandidat. Itu sah-sah saja, tapi mekanisme menjadi bakal calon ketua, ada di panitia,” jelasnya.

Mekanisme dimaksud, tambah Alex Ramandey, pendaftaran secara formal yang tata caranya akan difinalkan bersama unsur panitia lainnya. “Yang pasti, siapa pun kader GAMKI, berhak mendaftarkan diri,” tambahnya sambil memastikan tak tertutup nama lain selain yang tiga akan maju karena ada pendaftaran terbuka.

Menurutnya, panitia paham konferda kali ini beroleh perhatian lebih maksimal dari keluarga besar GAMKI. “Panitia terbuka untuk saran agar kegiatan sukses,” tutup Alex Ramandey.

Jonius Taripar Hutabarat menegaskan akan maju. “Sejak sebelum agenda Konferda GAMKI SU terdahulu, saya terus konsoliasi ke DPC-DPC. Soal program, nanti saya sampaikan di depan peserta,” ujarnya.

Ia memastikan konferda sukses karena warga GAMKI adalah umat-Nya yang penuh kasih. “Apalagi caretaker sudah bekerja sangat maksimal dalam mengantar konferda. Termasuk independen dan obyektivitas yang jadi pegangan caretaker,” tutupnya. (R10/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com