DPRD SU: Pembangunan Taman Hijau Nomensen di Siantar Berbiaya Rp2,4 M "Amburadul"

Gubernur Perlu Ingatkan Kadis Lingkungan Hidup Perbaiki Kinerjanya

286 view
Foto Istimewa
Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM
Medan (harianSIB.com) -Ketua Pansus LKPj (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) Gubernur Sumut akhir tahun anggaran 2020 DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM menemukan, pembangunan "Taman Hijau Nomensen" di Jalan Sangnawaluh Pematangsiantar berbiaya Rp2,4 miliar "amburadul".

"Hasil temuan kita di lapangan, proyek yang ditangani Dinas Lingkungan Hidup Sumut yang menguras APBD Sumut TA 2020 sebesar Rp2,4 miliar ini tidak sesuai dengan harapan alias asal jadi. Fisiknya juga diduga tidak sesuai dengan nilai proyek yang begitu besar," ujar Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Kamis (29/4/2021) di DPRD Sumut.

Akibatnya, tegas Sekretaris FP Demokrat ini, taman yang awalnya dirancang sebagai tempat rekreasi dan bermain, ternyata sangat sepi pengunjung, dikarenakan lokasinya sangat tidak strategis dan berada di dalam kampus.

"Jika kita lihat letak taman posisinya persis berada di tepi Sungai Bahbolon, sehingga terkesan kurang aman. Terutama bagi anak-anak yang akan bermain prosotan sangat dekat dengan sungai yang airnya cukup deras," ujar Parlaungan.

Tim Pansus juga menemukan anggaran pembangunan taman ini diperuntukkan membangun tembok penahan arus sungai. Jika dilihat dari tupoksinya, sebenarnya bukan kewenangan Dinas Lingkungan Hidup, tapi Dinas SDA CKTR Sumut (Sumber Daya Air Cipta Karya dan Tata Ruang) Sumut.

"Yang paling miris, tembok penahan arus sungai yang dibangun sudah retak dan penyangga tembok juga sudah mulai lepas, jika tidak segera diantisipasi dikuatirkan akan jebol dan ambruk," tegas Ketua AKLI Sumut itu.

Berkaitan dengan itu, Pansus LKPj meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk segera mengingatkan Kadis Lingkungan Hidup Sumut agar memperbaiki kinerjanya, demi terealisasinya visi misi "Sumut Bermartabat".(*).

Penulis
: Firdaus Peranginangin
Editor
: Robert /Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com