DPRD SU Desak Dinas BMBK Sumut Perbaiki Tiga Ruas Jalan Provinsi "Babak-belur" di Samosir


404 view
DPRD SU Desak Dinas BMBK Sumut Perbaiki Tiga Ruas Jalan Provinsi "Babak-belur" di Samosir
Foto Dok
Ir Tangkas Manimpan Tobing
Medan (harianSIB.com)

Anggota DPRD Sumut Dapil Tapanuli Ir Tangkas Manimpan Tobing mendesak Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut segera memperbaiki tiga ruas jalan provinsi di Kabupaten Samosir yang kondisinya sudah "babak-belur" alias rusak parah sejak tahun 2018.

"Dari hasil temuan kita di lapangan, ada tiga ruas jalan provinsi di Kabupaten Samosir sepanjang 74,45 Km yang diambil-alih oleh Pemprov Sumut dari jalan kabupaten pada tahun 2018, saat ini kondisinya rusak parah. Kita harapkan Pemprov Sumut memperbaikinya tahun 2022 nanti," ujar Tangkas Manimpan Tobing kepada jurnalis koran SIB Firdaus Peranginangin, Selasa (30/11/2021) di DPRD Sumut.

Ditambahkan Sekretaris FP Demokrat Sumut ini, jika Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK Sumut tidak sanggup melakukan perbaikan sekaligus, bisa juga dilakukan penanganan secara bertahap, karena jalan tersebut sangat strategis yang menghubungkan antar kabupaten sekawasan Danau Toba.

"Salah satu jalan provinsi yang sangat strategis tersebut, yakni Jalan Gonting-Janji Raja Kabupaten Samosir hingga batas Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah kita usulkan perbaikannya ke Pemprov Sumut dan kita berharap pada tahun 2022 ini dimulai pekerjaannya," tandas Tangkas.

Diungkapkan Tangkas, seharusnya Pemprov Sumut malu melihat BBPJN (Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional) Medan yang melakukan perbaikan jalan provinsi ruas Gonting-Janji Raja sepanjang 4 Km, mengingat jalan tersebut sudah hancur-lebur, guna mendukung destinasi wisata Bukit Sibeabea dan Bukit Holbung.

" Objek wisata Bukit Sibeabea dan Bukit Holbung merupakan objek wisata primadona yang banyak dikunjungi wisatawan saat ini. Tapi, melihat kondisi jalan provinsi yang rusak-parah, BBPJN Medan memperbaikinya sepanjang 4 Km, guna menghindari keresahan wisatawan berkunjung ke kawasan tersebut," tambah Tangkas sembari menyampaikan apresiasi kepada BBPJN Medan yang telah peduli terhadap jalan tersebut.

Berkaitan dengan itu, tokoh muda ini berharap kepada Pemprov Sumut agar memulai pembangunan di tiga ruas jalan provinsi tersebut pada tahun 2022 ini, karena jika jalan itu "mulus", akan memudahkan akses ke wilayah antar kabupaten di Danau Toba.

Jalan Garoga

Dalam kesempatan itu, Tangkas juga meminta Dinas BMBK Sumut jangan mengabaikan perbaikan ruas jalan provinsi jurusan Tarutung - Sipahutar - Pangaribuan - Garoga Kabupaten Taput (Tapanuli Utara) yang kondisinya sudah "hancur-lebur", sehingga sangat meresahkan masyarakat pengguna jalan.

"Dari hasil peninjauan kita di lapangan, kondisi kerusakan jalan paling parah terjadi di ruas Tarutung - Sipahutar, penuh dengan lubang yang menganga. Sementara dari Sipahutar menuju Pangaribuan - Garoga sudah ada sedikit perbaikan alias tambal sulam, " ujarnya.

Menurut Tangkas, hancur-leburnya jalan yang menghubungkan tiga kecamatan di Taput tersebut sudah hampir lima tahun lamanya, sehingga besar harapan masyarakat agar Dinas BMBK Sumut memulai pembangunannya di 2022, untuk memudahkan akses masyarakat.(*).

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com