DPRD SU Desak Dinas KPH Sumut Segera Perhatikan Keluhan Petani Jagung di Karo Alami Krisis Bibit

* Petani Jagung Karo Terancam Tertunda Menanam Akibat “Menghilangnya” Bibit Jagung

96 view
DPRD SU Desak Dinas KPH Sumut Segera Perhatikan Keluhan Petani Jagung di Karo Alami Krisis Bibit
Foto: Ist/harianSIB.com
Salmon Sumihar Sagala.

Medan (SIB)

Anggota DPRD Sumut Dapil Karo, Dairi dan Pakpak Bharat Salmon Sumihar Sagala mendesak Dinas KPH (Ketahanan Pangan dan Holtikultura) Sumut segera memperhatikan keluhan patani jagung di Kabupaten Karo, yang saat ini mengalami krisis bibit jagung, sehingga petani terancam tertunda menanam.


"Petani jagung di Tanah Karo saat ini sangat kesulitan memperoleh bibit jagung, seluruh toko-toko pupuk, bibit dan obat pertanian dan kios pengecer bibit jagung di daerah Bumi Turang kosong, sehingga meresahkan para petani," kata Salmon Sumihar Sagala kepada wartawan, Rabu (31/8) di DPRD Sumut seusai menerima pengaduan sejumlah kelompok tani asal Karo.


Akibat "menghilangnya" bibit jagung tersebut, politisi PDI Perjuangan ini, musim tanam yang seharusnya dilaksanakan bulan Agustus ini, terancam tertunda hingga September ke depan, sehingga petani dipastikan mengalami kerugian yang cukup besar, karena telah mengeluarkan biaya besar membersihkan lahan.


Berdasarkan informasi yang diperoleh mantan anggota DPRD Karo ini dari perusahaan benih jagung di Kabanjahe, juga mengakui ketersedian bibit jagung tidak ada di pasaran.


Kepala Dinas Pertanian Karo Ir Metehsa Karo-Karo juga membenarkan saat ini terjadi kelangkaan benih jagung di Karo. Tapi tidak mengetahui apa penyebab kelangkaan tersebut.


Menyikapi hal itu, Salmon Sagala mendesak Dinas KPH Sumut segera mencari solusi untuk memasok bibit jagung guna memenuhi kebutuhan petani di Karo, jangan biarkan petani Karo terus menderita akibat "menghilangnya" bibit jagung tersebut.


"Sudah cukuplah petani Karo menderita kerugian akibat ketiadaan pupuk bersubsidi. Jangan lagi ditambahi dengan ketiadaan bibit jagung," ucap Salmon sembari meminta semua pihak untuk bersama-sama membantu kebutuhan petani, guna menghindari terjadinya krisis pangan di Sumut. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com