DPRD SU Minta Dinas PMPPTSP Permudah Pengurusan Perizinan UKM/UMKM di Sumut

* Hindari Usaha Rumahan Jadi "Bulan-bulanan" Oknum Tertentu

121 view
DPRD SU Minta Dinas PMPPTSP Permudah Pengurusan Perizinan UKM/UMKM di Sumut
Foto Dok
Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Ir Parlaungan Simangunsong ST IPM meminta Pemprov Sumut dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Sumut maupun Medan mempermudah pengurusan perizinan UKM/UMKM (Usaha Kecil Menengah/Usaha Mikro Kecil Menengah) guna menghindari "bulan-bulanan" dari oknum aparat tertentu dengan dalih kelengkapan perizinan.

Hal itu diungkapkan Parlaungan Simangunsong kepada wartawan, Senin (4/10) menanggapi pengaduan para pelaku UKM/UMKM yang merasa resah "ditekan" oknum aparat dengan dalih kelengkapan perizinan.

"Kita minta Dinas PMPPTSP Sumut dan Medan bisa memfasilitasi seluruh izin-izin yang dibutuhkan pelaku UKM/UMKM sesuai regulasi yang ada, agar UKM bisa berinovasi untuk tumbuh dan berkembang secara mandiri menyemarakkan pembangunan dalam rangka mengisi kekuatan ekonomi kecil," ujar Parlaungan.

Apalagi Presiden Jokowi berulang kali menekankan, tambah Ketua AKLI Sumut ini, bahwa kekuatan ekonomi nasional harus ditata dari ekonomi kecil, sehingga semua elemen masyarakat diajak untuk turut serta membangun ekonomi kecil tersebut, sehingga lama-lama akan menjadi besar.

"Mari kita dorong secara bersama-sama untuk menggairahkan keberadaan pelaku UKM/UMKM, guna menopang perekonomian usaha rumahan di daerah ini, agar ekonomi masyarakat bisa terbantu di masa pandemi Covid-19 ini," tandas Parlaungan.

Berkaitan dengan itu, mantan Sekretaris FP Demokrat ini sangat kecewa terhadap oknum aparat yang melakukan penekanan terhadap UMK/UMKM di daerah ini dengan dalih kelengkapan perizinan. Tindakan tersebut jelas ingin mematikan pelaku rumahan yang bermodal kecil.

"Kita minta kepada pelaku UKM/UMKM, jika ada yang ditekan oleh oknum tertentu dengan dalih kelengkapan perizinan yang tujuannya untuk kepentingan pribadi oknum tersebut, segera laporkan kepada aparat penegak hukum, agar bisa kita tindaklanjuti," ujar Parlaungan. (A4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com