DPRD SU Minta Gubernur Selektif Pilih Dirkeu dan Direktur Air Bersih PDAM Tirtanadi


108 view
DPRD SU Minta Gubernur Selektif Pilih Dirkeu dan Direktur Air Bersih PDAM Tirtanadi
Foto Istimewa
Anggota DPRD Sumut, Viktor Silaen 
Medan (SIB)
Anggota DPRD Sumut Viktor Silaen SE MM meminta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi harus benar-benar selektif memilih calon Dirkeu (Direktur Keuangan) dan Direktur Air Bersih PDAM Tirtanadi, guna lebih meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan perusahaan air minum tersebut yang selama ini terkesan kurang maksimal.

"Kita ketahui saat ini Pemprov Sumut sedang melakukan seleksi penerimaan jabatan Dirkeu dan Direktur Air Bersih di PDAM Tirtanadi. Tentu masyarakat sangat berharap agar Gubernur memilih calon yang benar-benar ahli dalam bidangnya, agar PDAM Tirtanadi kedepannya bisa lebih eksis melayani para pelanggannya," ujar Viktor Silaen kepada wartawan, Senin (13/9), di DPRD Sumut.

Diakui politisi Partai Golkar Sumut ini, PDAM Tirtanadi memang sudah perlu melakukan perbaikan manajemen secara total yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas air minum yang selama ini kurang maksimal, sehingga sering ditemukan air yang mengalir ke rumah penduduk kotor dan kerap terjadi mati air.

"Kita berharap agar Direktur Air Bersih yang terpilih nantinya bisa membenahi pelayanan air minum secara total kepada pelanggan, karena selama ini air yang dijual PDAM Tirtanadi kepada pelanggan bukan air minum atau air yang siap diminum, tapi masih air kategori kotor atau air baku," tegas anggota dewan Dapil Tapanuli itu.

Menurut Viktor, sebenarnya tugas para direksi PDAM Tirtanadi untuk membenahi perusahaan air minum tersebut sangat banyak, selain air yang disalurkan kerap kotor, juga suplay air tidak mencukupi, sehingga para pelanggan terpaksa menggunakan pompa penghisap air, agar pelanggan bisa memperoleh air.

Selain itu, tambah Viktor, manajemen PDAM Tirtanadi selalu mengaku merugi, sehingga setiap tahunnya memerlukan suntikan dana dari APBD Sumut. Disini diharapkan agar Gubernur Sumut bisa memilih Dirkeu PDAM Tirtanadi yang benar-benar bisa "menyehatkan" BUMD tersebut dan menyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) bagi Sumut.

"Kita berharap agar Gubernur Sumut bisa memilih Dirkeu dan Direktur Air Minum yang benar-benar ahli dalam bidangnya, agar perusahaan milik Pemprov Sumut ini bisa berkualitas dalam melayani pelanggannya bukan hanya sekedar memilih jadi ajang bagi-bagi jabatan," tegas politisi vokal ini.

Bahkan yang paling utama, tandasnya, Direktur Air Minum yang baru nantinya bisa menggali sumber-sumber air yang baru, guna memenuhi kebutuhan para pelanggan air minum di daerah ini, karena masih banyak pelanggan masuk dalam daftar antrian tunggu, mengingat kebutuhan air belum mencukupi. (A4/d)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com