DPRD SU Minta Kementerian PUPR Copot Kepala BWSS-II Dari Jabatannya

* Tiga kali Diundang Dewan RDP Membahas Masalah Banjir Selalu Diwakilkan

561 view
DPRD SU Minta Kementerian PUPR Copot Kepala BWSS-II Dari Jabatannya
Foto Dok
Delpin Barus ST

Medan (harianSIB.com)


Komisi D DPRD Sumut meminta Kementerian PUPR segera mencopot Kepala BWS (Balai Wilayah Sungai) Sumatera-II dari jabatannya, karena dianggap kurang peka terhadap keluhan masyarakat, sebab sudah tiga kali diundang dewan untuk melakukan rapat dengar pendapat membahas masalah banjir Kota Medan, Kabupaten Sergai (Serdang Bedagai) dan Kota Tebingtinggi, selalu mengutus bawahannya.


Hal itu ditegaskan Ketua Komisi D DPRD Sumut Delpin Barus ST kepada jurnalis koran SIB Firdaus Peranginangin, Kamis (2/12/2021) di DPRD Sumut menanggapi sikap Kepala BWS Sumatera-II yang terkesan mengabaikan surat undangan Komisi D untuk membahas masalah banjir yang melanda Kota Medan, Sergai dan Tebingtinggi.


"Kita merekomendasikan pencopotan Kepala BWS Sumatera - II ini kepada Gubernur Sumut, DPR-RI, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air dan Kementerian PUPR di Jakarta, karena dianggap tidak memiliki sense of crisis terhadap keluhan masyarakat," tegas politisi PDI Perjuangan Sumut ini.


Seperti diketahui, ujar Delpin, Komisi D DPRD Sumut seyogianya menggelar rapat dengar pendapat dengan BWS Sumatera-II pada, Rabu (1/12/2021) membahas persoalan banjir yang terjadi di Medan, Sergai dan Tebingtinggi. Rapat terpaksa diskor, karena Kepala BWS Sumatera-II tidak hadir.


"Anggota Komisi D sangat kecewa dan kesal atas ketidakhadiran Kepala BWS Sumatera-II ini, mengingat persoalan yang akan dibahas merupakan masalah yang sangat penting dan urgen," tegas Delpin seraya menambahkan, hal ini sudah ketiga kalinya dewan melayangkan undangan, tapi selalu diwakilkan.


Selain itu, tambah anggota dewan Dapil Sergai dan Tebingtinggi ini, yang bersangkutan juga tidak akomodatif dan sulit diajak komunikasi, sebab Delpin juga mengaku sudah mengirim pesan lewat WhatsApp untuk berkordinasi terkait masalah banjir besar tersebut, tapi tidak ada respon.


"Padahal kita selaku anggota dewan, terus ditanya masyarakat bagaimana persoalan banjir ini dapat teratasi. Hal ini yang ingin kita sampaikan kepada BWS Sumatera-II tersebut, guna mencari solusi terbaiknya, agar masyarakat bisa terhindar dari terjangan banjir setiap saat," tandas Delpin.


Berkaitan dengan itu, tambah politisi muda yang dikenal vokal ini, pihaknya merekomendasikan pencopotan Kepala BWS Sumatera-II dari jabatannya ke Gubernur Sumut, Kementrian PUPR dan DPR-RI, untuk selanjutnya menunjuk penggantinya yang peduli terhadap penderitaan masyarakat.


Dampingi Pejabat


Menanggapi hal itu, Aron Lumbanbatu yang mewakili Kepala BWS Sumatera-II dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi D menyampaikan, ketidakhadiran Kepala BWS Sumatera-II dalam pertemuan ini, karena harus mendampingi pejabat dari kementerian di Medan.


"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran bapak Kepala BWS Sumatera-II, karena beliau harus mendampingi pejabat dari pusat yang datang ke Sumut," ujar Aron Lumbanbatu.(*).

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com