DPRD Setuju APBD Simalungun Tampung Rp 90 M Lebih untuk Penanggulangan Covid -19


123 view
Foto Dok
Timbul Jaya Sibarani
Simalungun (SIB)
Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani , Sabtu (13/2) mengharapkan perhatian pemerintah pusat dan daerah mengkaji penangggulangan dampak pandemi Covid-19, pemberian bantuan sosial tunai (BST) supaya diarahkan kepada usaha produktif dan strategis dalam pemulihan ekonomi rakyat.

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok usaha produktif, baik dalam bentuk kerajinan rumah tangga menghasilkan berbagai jenis produksi, memiliki nilai jual, menjadi sasaran tepat untuk mendapat bantuan.

Demikian juga masyarakat yang menekuni usaha tani memproduksi berbagai jenis hasil pertanian dianggap perlu mendapat perhatian pemerintah mendapatkan bantuan benih unggul, pupuk maupun bantuan modal usaha, layaknya seperti KUT (Kredit Usaha Tani).

Disebutkan bantuan tersebut merupakan stimulus untuk merangsang meningkatnya kegiatan usaha tani dalam membangun pertumbuhan ekonomi rakyat.

Khusus di Kabupaten Simalungun dikatakannya bahwa DPRD menyetujui usulan eksekutif menganggarkan Rp 90 miliar lebih ditampung di APBD Sinalungun tahun 2021, untuk penanganan pandemi Covid-19 di daerah itu. Dan, Rp 12 miliar dari anggaran untuk kebutuhan vaksinasi, selebihnya diharapkan dapat dikelola dalam upaya pemulihan ekonomi rakyat.

"Pemkab Simalungun diharapkan dapat mengelola dan mengalokasikan anggaran lebih kurang Rp 80 miliar yang ditampung di APBD tahun 2021 secara efektif dan efisien," ujar Ketua DPRD Simalungun. (BR4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com