DPRD dan Dinas Sosial Tebingtinggi Gelar RDP Terkait Kejanggalan Bantuan Sosial

* Jonner Sitinjak: Dinas Sosial Harus Perbaiki DTKS

81 view
DPRD dan Dinas Sosial Tebingtinggi Gelar RDP Terkait Kejanggalan Bantuan Sosial
Foto: harianSIB.com/Japet Arki Bangun
RDP BANTUAN SOSIAL: Ketua Komisi III DPRD Tebingtinggi, Jonner Sitinjak saat memberikan pendapat terkait data warga pada RDP Lintas Komisi DPRD Tebingtinggi terkait bantuan sosial, Selasa (7/9) di ruang paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi, Muhammad Azwar.
Tebingtinggi (SIB)
DPRD Tebingginggi menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) Lintas Komisi terkait bantuan sosial di Tebingtinggi, Selasa (8/9). RDP tersebut dihadiri langsung Kadis Sosial, Khairil Anwar dan Camat, Lurah se-Tebingtinggi.

Wakil Ketua DPRD Tebingtinggi Muhammad Azwar langsung memimpin RDP dan dihadiri Ketua Komisi I Anda Yasser, Ketua Komisi II Mangatur Naibaho, Komisi III Jonner Sitinjak, Abdul Rahman, Erniwati, Waris, Imam Ansyori Nasution, Muhammad Erwin Harahap, Zainal Arifin.

Muhammad Azwar mengatakan, berdasarkan hasil Reses II tahun 2021, banyak ditemukan warga yang layak mendapat bantuan tapi tidak terdaftar sehingga disepakati untuk digelar RDP Lintas Komisi.

"Menindaklanjuti hasil Reses II tahun 2021, kiranya RDP ini dapat membuahkan hasil yang baik sehingga bantuan yang ada dapat diberikan kepada yang layak," harapnya.

Sementara itu Ketua Komisi III Jonner Sitinjak meminta Dinas Sosial untuk melakukan verifikasi dan validasi terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan segera memperbaiki data jika tidak sesuai dengan kiteria.

"DTKS harus diperbaiki, jika perlu DPRD Tebingtinggi dan Dinas Sosial melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kementerian Sosial," katanya.

Selain itu, Jonner mengingatkan kepala lingkungan (Kepling) untuk terus memberikan pelayanan yang baik ke warga. Jangan ada terjadi perselisihan, jika warga melaporkan belum menerima bantuan sebaiknya diverifikasi dan diambil datanya.

"Kepada Camat, kiranya menyampaikan ke Kepling agar serius mendata warga dan jangan terjadi tebang pilih," harapnya.

Anggota DPRD Tebingtinggi lainnya, Abdul Rahman dari Fraksi Nasdem, meminta Dinas Sosial untuk mengajukan penambahan E-Warung. Dimana ditemukan satu E-Warung untuk tiga kelurahan.

"E-Warung perlu ditambah jumlahnya, jika perlu setiap kelurahan ada," katanya.

Menyikapi yang disampaikan anggota DPRD, Jonner Sitinjak dan Abdul Rahman, Kadis Sosial, Khairil Anwar mengakui bahwa data warga untuk menerima bantuan sosial banyak yang belum diperbaiki. Data yang diterima dari Kementerian Sosial masih data lama.

"Saya akui data belum baik, tapi kami (Dinas Sosial) akan terus berupaya memperbaiki sehingga warga yang layak dapat menerima bantuan," ungkapnya.

Khairil Anwar juga menyampaikan, Dinas Sosial menjalankan apa yang disampaikan Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan yakni untuk merespon keluhan warga agar tidak ada yang mengalami kelaparan.

"Saya secara pribadi telah melakukan hal itu, setiap warga yang dijumpai jika mengeluh tidak makan maka saya langsung memberikan beras yang telah tersedia di mobil," ungkapnya. (BR3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com