DPRD dan Pemko Medan Setujui Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum


160 view
DPRD dan Pemko Medan Setujui Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum
Foto: Dok/Humas
TANDATANGANI: Pimpinan DPRD bersama Wali Kota Medan M Bobby Nasution menandatangani persetujuan bersama atas Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum, Senin (18/10/2021), di ruang paripurna DPRD Medan.
Medan (harianSIB.com)

DPRD dan Pemko Medan menandatangani persetujuan bersama atas Ranperda tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum ditandai dengan penandatanganan bersama oleh Wali Kota Medan M Bobby Nasution dengan pimpinan DPRD Medan, Senin (18/10/2021), di ruang Paripurna.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Hasyim, didampingi Wakil Ketua Rajuddin Sagala tersebut, diawali dengan penyampaian Laporan Pansus DPRD terhadap Ranperda Kota Medan oleh Ketua Pansus Edwin Sugesti. Kemudian dilanjutkan penyampaian pendapat dari 9 fraksi.

Dalam pandangan F-Gerindra yang disampaikan Sahat B Simbolon menyebutkan Pemko harus melakukan uji publik terlebih dahulu terhadap pelaksanaan Perda, kemudian disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dengan Satpol PP seperti yang selama ini terjadi. Kemudian perlu adanya penambahan jumlah personel Satpol PP di Kota Medan agar saat melakukan ketertiban lebih maksimal dalam melakukan penertiban.

Sedangkan F-Gabungan Hanura-PSI-PPP (HPP) yang dibacakan Sekretaris Fraksi Abdul Rani menyampaikan, perda tersebut nantinya harus melahirkan kebaikan bagi kehidupan bermasyarakat di Medan. Dalam mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum, harus diawali dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup, sehingga ketiadaan sarana dan prasana tak dijadikan alasan bagi siapapun untuk tidak menjaga keamanan dan ketertiban.

Sementara itu, Bobby Nasution mengatakan, Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum tersebutvsebagai pedoman bagi pemda dalam mengawasi, mencegah dan menindak setiap kegiatan yang mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum. Sehingga diharapkan dapat akan menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk menciptakan, menjaga dan memelihara ketenteraman dan ketertiban umum.

"Setiap orang atau badan memiliki hak yang sama untuk merasakan dan menikmati ketenteraman dan ketertiban umum yang bebas dari segala bentuk gangguan dan hambatan," sebutnya.

Jurnalis Koran SIB Desra Gurusinga melaporkan Ranperda Ketenteraman dan Ketertiban Umum meliputi tertib jalan, lalu lintas dan angkutan jalan. Tertib jalur hijau, taman dan tempat umum, tertib sungai, situ/danau, selokan dan waduk. Kemudian tertib bangunan, tertib pemilik dan penghuni bangunan, tertib usaha pariwisata, tertib tempat usaha dan usaha tertentu, tertib kesehatan, tertib kependudukan serta tertib sosial. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com