Jumat, 14 Juni 2024 WIB
Antisipasi Macet

DPRD dan Wali Kota Diharapkan Tuntaskan Pembangunan Jalan Lingkar Luar Kota Pematangsiantar

Redaksi - Sabtu, 29 April 2023 19:23 WIB
187 view
DPRD dan Wali Kota Diharapkan Tuntaskan Pembangunan Jalan Lingkar Luar Kota Pematangsiantar
Autoevolution
Ilustrasi kemacetan.
Pematangsiantar (SIB)
Guna mengurai kepadatan kenderaan dalam upaya mengantisipasi kemacetan di pintu masuk Kota Pematangsiantar, DPRD bersama dengan Wali Kota Pematangsiantar diharapkan serius menyelesaikan pembangunan jalan lingkar luar Kota Pematangsiantar.
Pengamat Perencanaan Pembangunan Wilayah Robert Tua Siregar PhD, Jumat (28/4) menyampaikan pengamatannya beberapa tahun terakhir, pada saat libur panjang seperti perayaan hari besar keagamaan terjadi macet di gerbang masuk Kota Pematangsiantar, hingga mengganggu kelancaran perjalanan para pengguna jasa jalan.
Dia mengatakan, setiap tahun jumlah kenderaan bertambah sehingga kepadatan jalur lintasan pada jalan negara di Simpang Dua yang merupakan gerbang keluar dan masuk Kota Pematangsiantar, semakin padat.
Disebutkannya, menambah personel dari satuan polisi dan Dinas Perhubungan dinilai kurang efektif, karena jumlah kenderaan memadati jalur lintasan membludak dan rekayasa lalu lintas sulit dilakukan karena keterbatasan jalan alternatif.
Salah satu upaya pengalihan dan mengurai penumpukan kenderaan, dengan mempercepat pembangunan jalan lingkar luar Kota Pematangsiantar lebih kurang 14 Km menghubungkan jalan negara Simpang Dua - Jalan Medan.
Untuk percepatan penyelesaian pembangunan jalan lingkar luar yang sudah dimulai sejak 14 tahun silam, DPRD bersama Wali Kota Pematangsiantar diharapkan harus segera menyampaikan usul kepada Pemprov Sumut dan pemerintah pusat, untuk memberikan bantuan alokasi anggaran pembangunan infrastruktur jalan itu.
Rencana pembangunan jalan lingkar luar merupakan salah satu upaya peningkatan layanan publik bidang transportasi dan sekaligus dalam rangka pengembangan Kota Pematangsiantar, serta memberikan ruang kepada masyarakat meningkatkan kreativitas dalam upaya mendongkrak perekonomian.
“Jika pembangunan jalan lingkar luar Kota Pematangsiantar tidak tuntas, masalah lalu lintas akan semakin kompleks dan terjadinya macet akan menjadi momok bagi pengguna jalan, khususnya yang melintasi Kota Pematangsiantar, bisa berulang setiap tahun,” sebut Siregar.
Sebab, lanjutnya, sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan aktivitas suatu kota tidak terlepas dari keberadaan sektor transportasi sebagai pendukung pergerakan barang dan manusia.
Dengan demikian, kebutuhan terhadap infrastruktur jalan akan semakin meningkat menunjang pergerakan perekonomian masyarakat. (BR4/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua DPRD Pematangsiantar Juga Desak Kementerian PUPR dan Kemenhub Operasionalkan Jalan Tol Ruas Tebingtinggi-Pematangsiantar
Akan Diresmikan Kapolda, Kapolres dan Walikota Cek Ruang Rehabilitasi Napza RSUD Djasamen Saragih
Mangatas Silalahi Pinang Ilhamsyah Sinaga jadi Wakilnya di Pilkada Pematangsiantar 2024
Wesly Silalahi Kembalikan Berkas Pendaftaran Bacalon Wali Kota Pematangsiantar ke Partai Hanura
Wesly Silalahi SH MKn Mendaftar ke PDIP jadi Balon Wali Kota Pematangsiantar
Rapat Paripurna DPRD Simpulkan Kinerja Pemko Pematangsiantar TA 2023 Sangat Buruk
komentar
beritaTerbaru