Dairi Zona Merah Covid-19, Zona Oranye 18 Kabupaten/Kota


269 view
Foto Dok/Leo Bukit
Kantor Bupati Dairi
Medan (harianSIB.com)

Kabupaten Dairi ditetapkan sebagai satu-satunya daerah di Sumut dengan status zona merah (risiko tinggi) oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Deliserdang sebelumnya zona merah akhirnya menjadi zona oranye (risiko sedang) penyebaran Covid-19.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan di website resmi Satgas Covid-19 pada laman covid19.go.id/peta-risiko, Selasa (1/6/2021), terdapat 18 kabupaten/kota berzona oranye.

Daerah tersebut yakni, Tanjungbalai, Pakpak Bharat, Samosir, Tebingtinggi, Deliserdang, Sibolga, Gunungsitoli, Labuhanbatu Selatan, Serdang Bedagai, Batubara, Labuhanbatu Utara, Medan, Binjai, Padangsidimpuan, Karo, Simalungun, Tapanuli Utara dan Langkat.

Daerah zona kuning (risiko rendah) terdapat 11 kabupaten/kota, yaitu Tapanuli Tengah, Nias, Toba Samosir, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Labuhanbatu, Tapanuli Selatan, Humbang Hasundutan, Pematangsiantar dan Asahan. Kemudian untuk zona hijau, masih bertahan di tiga daerah di Kepulauan Nias, masing-masing Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.

Sebagaimana diketahui, peta zonasi risiko daerah ini dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah MM mengatakan dalam beberapa waktu terakhir memang kasus konfirmasi di Kabupaten Dairi cenderung mengalami kenaikan.

Bahkan ia menyebutkan kasus aktifnya saat ini berjumlah 115 orang, dengan total akumulasi kasus konfirmasi 405 orang, sembuh 271 orang dan meninggal 19 orang.

"Sedangkan Deliserdang, kasus aktifnya tercatat sebanyak 477 orang, dengan total akumulasi kasus konfirmasi 5.093 orang, sembuh 4.448 dan meninggal 168 orang," jelasnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com