Dana Desa TA 2021 di Nias Terealisasi 46,10 %


434 view
Dana Desa TA 2021 di  Nias Terealisasi 46,10 %
(Foto: SIB/Normalius Gori)
Sekretaris Dinas PMD  Nias, F Yaman Lase 
Nias (harianSIB.com)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nias (PMD) melalui Sekretaris F Yaman Lase mengatakan, Dana Desa Tahun Anggaran (TA) 2021 telah terealisasi 46,10 % dengan nilai total pencairan Rp 82, 7 miliar lebih.

"Pencairan Dana Desa sudah terlaksana dengan baik sesuai peraturan Kementerian Keuangan. Pencairan dilakukan tiga tahap yakni, tahap l 40%, tahap ll 40% dan tahap lll 20 ," kata Yaman kepada jurnalis Koran SIB Normalius Gori, Selasa(21/9/2021).

Yaman mengatakan, Dana Desa tahun 2021 tersebut diprioritaskan untuk BLT Dana Desa selama 12 bulan. Selain itu, untuk penanganan dan pencegahan Covid-19, pemulihan dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, melaksanakan program prioritas nasional sesuai kewenangan desa yang meliputi penataan desa.

"Dari anggaran Rp179 miliar, hingga 21 September 2021, Dana Desa di Kabupaten Nias masih tersisa sekitar Rp96 miliar yang belum tersalurkan," kata Yaman.

Yaman mengaku menemui kendala dalam pencairan Dana Desa tersebut. Di antaranya, adanya refocusing anggaran sehingga pagu anggaran yang sudah ditetapkan mengalami perubahan, lambatnya beberapa Pemerintah Desa dalam penyusunan dan penyampaian dokumen rancangan tentang peraturan desa dan kurangnya SDM perangkat desa.

Yaman berharap seluruh Pemerintahan Desa lebih pro aktif melakukan percepatan proses realisasi Dana Desa. (*)


Editor
: Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com