Datuq Adil Haberham Minta Industri Kreatif Kearifan Lokal Didekatkan ke Milenial


282 view
Datuq Adil Haberham Minta Industri Kreatif Kearifan Lokal Didekatkan ke Milenial
Foto: SIB/Oki Lenore
FOTO BERSAMA: Ketua Forkala Medan, Datuq Dredy Adil Haberham SE gelar Datuk Sepuluh Dua Kuta bersama Wali Kota Bobby Nasution di jeda coffe morning di Gedung DHD 45 SU - Medan, Rabu (5/1).

Medan (SIB)

Ketua Forum Komunikasi Antar-lembaga Adat (Forkala) Medan, Datuq Dredy Adil Haberham Se gelar Datuk Sepuluh Dua Kuta meminta industri kreatif berbasis kearifan lokal didekatkan pada milenial. Cara itu, menurutnya, agar upaya pelestarian seni warisan leluhur tetap terjaga dan dari komunikasi budaya makin terekat (secara alami) kerukunan serta toleransi, yang muaranya kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Medan dan Sumatera Utara (SU) yang miniatur Indonesia teruji dan terkenal dengan toleransi. Masing-masing etnik punya warisan leluhur dan tumbuh kembang,” tambahnya.


Ia mengatakan, Forkala Medan semaksimalnya beraksi di lapangan dalam menumbuhkan saling pengertian. “Di Medan, sedikitnya ada 24 etnik Nusantara. Rukun, akur dan sama-sama berbuat,” tambahnya didampingi Rozali Ijal.


Ragam upaya dilakukan. Satu di antaranya adalah menyusun buku “Beranda Budaya Nusantara” sedang finalisasi. “Tadi saya minta Wali Kota Medan untuk menandatangani master buku dan hendak didistribusikan pada kelompok milenial di Medan,” harapnya.


Caranya, “Beranda Budaya Nusantara” menjadi buku ajar muatan lokal untuk pelajar di Medan.


Di coffe morning dengan Wali Kota Medan di Gedung DHD 45 SU, Rabu (5/1), Datuq Dredy Adil Haberham minta pada Wali Kota Medan agar semakin banyak ditampilkan seni budaya etnik di ibu kota SU. “Pak Wali sangat mengapresiasi dan akan mengesekusinya bila pandemi terkendali,” ujarnya didampingi Sekretaris Forkala Aswin Harahap dan sejumlah pegiat seni serta pengurus Forkala di antaranya Drs Ahmad Raja Nasution MSP, Pdt Sadakata Ginting Suka, Pdt Adri Alfian Rolos STh yang tokoh Kawanua, H Benny Soebardjo, Prof Dr I Wayan Dirgayasa, Darsen Song, Lister Berutu, Martinus Lase, RA Lesbatta, Wardayani, Bustami Usman serta H Marwan Bugis. (Facebook /R10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com