Dedy Aksyari: Pemko Medan Harus Lebih Peduli kepada Pelaku UMKM


147 view
Dedy Aksyari: Pemko Medan Harus Lebih Peduli kepada Pelaku UMKM
Foto : Ist/harianSIB.com
Dedy Aksyari Nasution ST

Medan (SIB)

Ada enam permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan dan memajukan usahanya. Selain kurangnya modal pemasaran dan pangsa pasar, kurangnya teknologi dan kemasan produk, kurangnya sumber daya manusia (SDM), akses kemitraan dan jaringan usaha serta perizinan.

“Permasalahan ini harus dicari solusinya, khususnya Pemko Medan agar para pelaku UMKM lebih tenang dalam menjalankan usahanya,” ujar Anggota DPRD Medan Dedy Aksyari Nasution ST kepada wartawan, Rabu (8/2). Salah satunya, dengan memberikan pelatihan-pelatihan dan mempermudah perizinan pelaku UMKM.

Disebutkannya, tahun 2022 Pemko telah menganggarkan bantuan keuangan kepada pelaku UMKM sebesar Rp.8 miliar serta bantuan peralatan senilai Rp.2,53 miliar lebih.

Pemko juga harus terus membuka jaringan dengan beberapa bank yang dapat memasilitasi pemberian pinjaman lunak kepada UMKM di Kota Medan.

Politisi Gerindra itu meminta agar Pemko Medan terus berusaha lebih mengenalkan produk karya UMKM dengan mengikutsertakannya dalam berbagai kegiatan maupun bazar yang digelar pemerintah. Dengan begitu produk semakin dikenal serta bisa saling tukar informasi antar sesama pelaku UMKM. Karena bazar maupun pameran adalah media yang cukup ampuh untuk promosi produk UMKM.

Adanya Ranperda Perlindungan dan Pengembangan UMKM termasuk salah satu perhatian yang diberikan Pemko kepada pelaku UMKM. Ke depannya untuk toko-toko modern seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan Brastagi yang ada di Kota Medan, harus memasarkan produk hasil UMKM. Selama ini produk UMKM, Masih sangat minim dipasarkan di toko-toko modern. (A12/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com