Deklarasi Forkolimat Tolak Hoax , Pdt Marlin Hutajulu Pimpin Doa Keutuhan Bangsa


240 view
Deklarasi Forkolimat Tolak Hoax , Pdt Marlin Hutajulu Pimpin Doa Keutuhan Bangsa
Foto: SIB/Oki Lenore
DEKLARASI FORKOLIMAT : Tokoh-tokoh lintas agama mendeklarasikan Forkolimat di Kompleks TMP Bukit Barisan Medan, Sabtu (21/8). Deklarasi diisi doa, seperti Pdt Marlin Hutajulu MTh yang memimpin doa Kristen. Di foto Ketua Burhanuddin SE dan Sekretaris Pdt Jonny Seragih STh (tengah) diapit para tokoh agama.
Medan (SIB)
Tokoh-tokoh lintas agama di Indonesia mendeklarasikan Forum Komunikasi Lintas Umat (Forkolimat) di Kompleks Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Medan, Sabtu (21/8).

Pendiri yang didapuk menjadi Ketua Forkalimat, Burhanuddin SE menegaskan, wadah berhimpun tokoh dan pemuka agama tersebut menolak hoax yang terasa semakin menyemak dalam kehidupan berbangsa bernegara di Tanah Air.

“Kami Forkolimat menolak segala bentuk penyebaran berita bohong, hoax, serta ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan konflik, menciderai kerukunan umat beragama dan dapat memecah belah persatuan kesatuan bangsa,” tegasnya didampingi Sekretaris Pdt Jonny Seragih STh.

Sebelum mengumandangkan deklarasi, sejumlah pimpinan agama berdoa bersama warga yang diwajibkan patuh protokol kesehatan (Prokes).

Pdt Marlin Hutajulu MTh dari GBI Bethlehem Tabga Jalan Rela Medan di doanya secara khusus meminta agar umat di Indonesia terbuka pikiran jernih untuk bahu-membahu sepikir dalam menghadapi pandemi Covid-19. “Kami pimpinan agama, masih melihat masih ada opini beragam yang arahnya tidak satu tujuan dalam menghadapi pandemi. Secara pribadi dan komunitas mendoakan agar pribadi yang belum produktif ikut membasmi virus, dibukakan hatinya,” ujarnya seusai memimpin doa.

Ia menunjuk kegiatan Hamba-hamba ‘Tuhan Gereja Sekota Berdoa, Miracle Morning’ yang rutin berdoa bahkan puasa massal untuk Indonesia. Hal serupa diutarakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Sumatera Utara (SU) Dedy Mauritz Simanjuntak MTh MACE yang mengatakan pihaknya sangat mendukung deklarasi karena selama ini hal serupa diperjuangkan MUKI di Tanah Air. “Bahkan Generasi Muda MUKI sudah terlibat hal serupa,” tegasnya.

Forkolimat dibentuk para tokoh untuk menjadi filter pihak tak bertanggung jawab dengan ragam hoax. Para Deklarator adalah Burhanuddin SE, Pdt Johnny Seragih STh, Pandita Matha Riswan MPsi, Pdt DR Eben Siagian, Pdt Drs Aolomaziduhu Zebua, Rudi Hartawan Tampubolon, Ust Abdul Rahman SPdi, Ust Ridwan Pajaitan SPdi, Ananda Abdinesia Sitepu SH, Pdt Agus Darmawan Karosekali, Muslim Linggouw dan Achmad Rizki Fathopang SPdI.

Sekretaris Forkolimat Pdt Johnny Seragih mengatakan, wadah tersebut inklusif menampung saran dan masukan semakin mengeratkan kehidupan berbangsa bernegara berdasar ketuhanan. “Hoax di masyarakat banyak meracuni. Bagi tokoh dan pimpinan agama, langsung dapat difilter. Tetapi, bagi kelompok milenial, bila tidak dicerahkan, dapat merusak. Itulah yang dilakukan Forkalimat,” tegas pengasuh pusat rehabilitasi ketergantungan narkoba berbasis religi, IPWL Pusat Rehabilitasi Ketergantungan Narkoba ‘Bukit Doa’ Jalan Lap Golf Tuntungan Deliserdang tersebut. (R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com