Delegasi W20 Summit Rusia Sarankan Produk UMKM Butuh Inovasi

* Dirut BPODT Programkan Pembinaan Produk UMKM

216 view
Delegasi W20 Summit Rusia Sarankan Produk UMKM Butuh Inovasi
Foto: Ist/harianSIB.com
Delagasi W20 Russia Elena

Parapat (SIB)

Guna mendukung kemajuan pariwisata Danau Toba ke depan, Delegasi W20 Summit Rusia menyarankan produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Danau Toba butuh inovasi.

"Ketika saya melihat produk-produk UMKM di 20 deretan toko di Kawasan Danau Toba motifnya sama. Selayaknya setiap toko memiliki produk yang unik dan berbeda-beda, sehingga terlihat bayak pilihan," ujar Elena di Niagara Hotel Parapat Kecamatan Girsang Sipanganbolon Simalungun sebelum bertolak ke Negaranya, Kamis (21/7).

Elena yang mengaku telah mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kawasan Danu Toba seperti desa wisata, Kaldera Toba dan melihat berbagai produk UMKM dan berbagai pertunjukan mengaku senang dan menikmatinya.

"Saya harap memiliki waktu yang lama di sini (Danau Toba). Saran saya hanya produk UMKM saja yang butuh diinovasi agar bervariasi. Kalau yang lainnya sudah OK. Danau Toba beatiful (indah) dari Bali. Saya dan teman-teman akan berkunjung ke sini (Danau Toba)," ungkapnya.

Sementata Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Jimmy B Panjaitan menyampaikan saat ini pihaknya memprogramkan pembinaan produk UMKM secara progresif, agar pelaku usaha mampu berinovasi memproduksi produk yang berkualitas dan unik sesuai keinginan wisatawan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com