Senin, 22 Juli 2024

Deputi I KSP Bidang Infrastruktur Dukung Percepatan Pembangunan Jalan Wisata di Simalungun

Redaksi - Minggu, 12 Juni 2022 18:49 WIB
343 view
Deputi I KSP Bidang Infrastruktur Dukung Percepatan Pembangunan Jalan Wisata di Simalungun
Foto : Kominfo Simalungun
DUKUNG: Dalam pertemuan, Deputi I KSP Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Febry Calvin Tetelepta (kanan), mendukung paparan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (kiri) untuk percepatan pembangunan jalan di Simalung
Simalungun (SIB)
Untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga berkoordinasi sekaligus minta dukungan Deputy I Kantor Staf Presiden (KSP) Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi, Febry Calvin Tetelepta, Jumat (10/6).

Dalam pertemuan, bupati menjelaskan jenis jalan yang butuh perhatian, bahkan mendesak segera dilakukan pembangunan maupun pemeliharaan adalah jalan produksi pertanian dan jalan wisata.

Pembangunan jalan dimaksud adalah dalam pemanfatan dan pengembangan potensi sumber daya alam Kabupaten Simalungun. Misalnya, bidang pertanian menghasilkan produk unggulan seperti jahe, jeruk, padi dan berbagai hasil tanaman hortikultura yang mampu mendominasi pasar di Sumatera Utara.[br]

Demikian juga dengan potensi wisata dikatakan, Kabupaten Simalungun merupakan satu daerah memiliki pantai terpanjang di Kawasan Strategis Pariwisata Danau Toba.

Untuk pengembangan daerah pariwisata di Simalungun yang memiliki panorama indah serta kaya dengan budaya daerah dikatakan, dianggap perlu pembangunan akses jalan di sepanjang pesisir Danau Toba agar terkoneksi dengan baik, sehingga para pengunjung terdiri dari wisatawan domestik maupun mancanegara semakin betah menghirup udara segar dan menikmati indahnya panorama bukit.

Selama puluhan tahun, potensi tersebut dinilai belum digali dan dikembangkan secara optimal untuk menambah pendapatan dan kesejahteraan rakyat. Karenanya, dianggap perlu dan sangat dibutuhkan dukungan dari pihak KSP diharapkan mendorong kementarian terkait yang dapat mempercepat perbaikan infrastruktur jalan pertanian dan pariwisata di Simalungun.

Lebih lanjut diuraikan, pembangunan infrastruktur jalan yang dianggap mendesak yaitu jalur lingkar luar Danau Toba menghubungkan daerah Simpang Bage - Haranggaol - Tigaras - Sipolha.[br]

Deputi I KSP Bidang Infrastruktur, Energi dan Investasi Febry Calvin Tetelepta menanggapi serius usul yang disampaikan Bupati Simalingun. Deputi berjanji, segera mendorong kementerian tehnis untuk mengalokasikan bantuan dana pusat ke daerah, untuk percepatan pembangunan infrastruktur jalan di Simalungun.

" Ini, segera kita tindak lanjuti Kita segera undang rapat para menteri tehnis dan dirjennya, duduk bersama dengan Pemkab Simalungun membahas tehnis realisasi percepatan pembangunan di Simalungun," sebut Febry. (BR4/d)

Sumber
: KORAN SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolres Bersama Wali Kota Hadiri Acara Panen Hadiah Simpedes BRI di Pematangsiantar
Coklit Pilkada Simalungun Selesai 100 Persen
Bupati Simalungun: Penanaman Cabai dengan Metode Fertigasi Menguntungkan
Warga Hatonduhan Simalungun Gotong Royong Bangun Jalan Senilai Rp 200 Juta
Dinas LHK Sumut Akan Reboisasi Hutan Sipiso-piso Simalungun
30 Ha Kawasan Hutan Tanduk Benua Simalungun Terbakar, BPBD Turunkan 3 Unit Damkar
komentar
beritaTerbaru