Kamis, 13 Juni 2024 WIB

Desa Buluhduri Sergai Raih Dua Penghargaan ADWI 2022 dari Kemenparekraf

Redaksi - Selasa, 01 November 2022 16:14 WIB
304 view
Desa Buluhduri Sergai Raih Dua Penghargaan ADWI 2022 dari Kemenparekraf
Foto Dok/Diskominfo Sergai
TUNJUKKAN: Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan didampingi Kades Buluhduri Dewi Yanti Purba menunjukkan dua piala penghargaan yang diterima dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, di sela acara malam Anugerah Desa Wisata I
Sergai (SIB)

Desa Wisata Buluhduri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) meraih dua penghargaan sekaligus dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022 yang dihelat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), di Jakarta, Minggu (30/10).

Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan ketika menghadiri acara itu menyampaikan rasa bangganya atas prestasi prestisius yang diraih Desa Wisata Buluhduri.

"Selamat dan sukses untuk Desa Buluhduri karena sudah menerima dua penghargaan sekaligus di puncak ADWI 2022 yang langsung diserahkan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. Buluhduri meraih juara untuk kategori Desa Wisata Terfavorit serta runner-up untuk kategori digital dan kreatif," ujarnya.

Adlin lebih lanjut meyakini, dengan kondisi alam dan potensi yang luar biasa ini, Desa Buluhduri lewat Arung Jeram Bahbolon-nya akan semakin baik lagi ke depannya. Perlahan, katanya, infrastruktur pendukung akan terus dibenahi, sarana prasarana serta SDM yang mumpuni juga akan dipenuhi.

"Capaian ini tentunya menjadi suatu kebanggan, terutama bagi masyarakat Sergai. Keindahan alam Desa Buluhduri saat melakukan arung jeram memang layak diacungi jempol," sebut Wabup.

Di bagian lain, Adlin juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf serta masyarakat Sergai karena sudah mendukung penuh objek wisata alam arung jeram atau rafting Sungai Bahbolon di Desa Buluhduri.

"Luar biasa dukungan yang diberikan publik. Tercatat, ada sebanyak 140.547 vote yang didapat Desa Wisata Buluhduri hingga menjadikannya paling favorit dalam ajang ADWI 2022.[br]



Semoga, ke depannya ini menjadi harapan baru bagi kita semua untuk kemajuan sektor pariwisata di Sergai. Sehingga, visi Maju Terus (mandiri, sejahtera dan religius) pada akhirnya bisa terwujud," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya (Poraparbud) Sergai Zulfikar yang turut hadir di acara itu mengungkapkan, tahun ini merupakan kali kedua Desa Wisata Buluh Duri ikut dalam kompetisi ADWI.

"Tahun 2021, Desa Buluhduri hanya masuk 300 besar. Lalu, di edisi 2022 berhasil menembus 50 besar, bahkan dapat penghargaan di dua kategori.

Ini menjadi motivasi bagi seluruh pihak terkait untuk semakin berbenah dan meningkatkan segala potensi yang ada. Satu per satu telah kami benahi. Tahun ini sudah dibuat peraturan daerah (Perda) tentang pengembangan pariwisata yang khusus berbicara tentang sarana transportasi ke objek-objek wisata yang ada di Sergai," bebernya.

Acara penyerahan penghargaan bergengsi bagi desa-desa wisata se-Indonesia ini juga dihadiri Asisten Pembangunan Pemkab Sergai Nasrul Azis Siregar dan Kepala Desa Buluhduri Dewi Yanthi Purba. (C4/c)







Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pj Bupati Palas Sampaikan Proposal Desa Wisata ke Kemenparekraf
Harga Tiket Pesawat Domestik Masih Tinggi, Kemenparekraf Koordinasi dengan Pemangku Kepentingan
Kemenparekraf Nobatkan Desa di Pulau Sibandang Taput Juara Tiga KSW 5.0
Menteri Sandiago Uno Kecewa Proyek Parking di Toba Caldera Sibisa Mangkrak
Kemenparekraf dan Kemenkes RI Siap Dukung Pengembangan RSUD Parapat
Kemenparekraf Gelar Bimtek Peningkatan  SDM Usaha Kuliner Makanan
komentar
beritaTerbaru