Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Dewan Mangaraja LABB 2022-2027 Dilantik

Redaksi - Senin, 29 Mei 2023 23:00 WIB
2.070 view
Dewan Mangaraja LABB 2022-2027 Dilantik
Foto: Dok/LABB
Foto bersama usai pengukuhan Pengurus DM LABB periode 2022-2027, di Oakward Hotel, Jakarta, Jumat (26/5/2023).
Jakarta (harianSIB.com)

Ketua Umum Dewan Mangaraja Lokus Adat Budaya Batak (DM LABB) St Dr Pontas Sinaga, melantik pengurus DM LABB periode 2022-2027, di Oakward Hotel, Jakarta, (26/5/2023).

“Puji syukur kepada Tuhan, acara pengukuhan pengurus DM LABB 2022-2027 dapat berlangsung sebagai tindaklanjut ketetapan Sidang Umum LABB kedua yang dilaksanakan pada 5 Desember 2022, di mana saya sebagai Ketua DM terpilih mendapat penugasan untuk membentuk kepengurusan LABB,” kata Pontas Sinaga, dalam keterangan persnya, Senin (29/5/2023).

“Selamat kepada para pengurus yang baru saja dikukuhkan kiranya dapat melaksanakan tugas-tugas yang telah digariskan,” tambah dia.

Pontas menyampaikan, pengukuhan DM LABB secara lengkap belum dapat dilaksanakan. Guna melengkapi personel DM LABB akan dikukuhkan kemudian.

“Demikian halnya pengukuhan DPP LABB, akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan,” imbuhnya.

Ke depan, lanjut Pontas, DM LABB akan dapat menindaklanjuti program-program yang belum terselesaikan. Di antaranya, pembentukan DPD dan DPC LABB di daerah, penyempurnaan buku Tata Kelola Ruhut-ruhut Paradaton dan sosialisasi Tata Kelola Paradaton yang esensial, efektif dan efisien (3E).

Menurut Pontas, setelah pelantikan akan disusun Program Kerja 2022-2027 yang didasari oleh Visi LABB yaitu menjadi Bangso Batak yang bersatu, beradat, beradab, beriman, cerdas, sejahtera dan beridentitas.

Selanjutnya dilaksanakan kegiatan sesuai dengan Misi LABB. Di mana program LABB dilaksanakan secara bertahap yang tertuang dalam Garis-garis Besar Haluan LABB. Pun, perlu diketahui DM LABB adalah lembaga tertinggi yang berisikan para anggota Dewan Mangaraja yang berasal dari ketua-ketua marga yang saat ini berada di Jabodetabek.

“Sebagai DM, kita juga akan memberikan arahan kepada DPP untuk menyusun anggaran, di mana susunan organisasi DM dan DPP dibuat mapping (pemetaan),” urai dia.

Pontas mengakui, untuk menjalankan program yang demikian besar, bukanlah pekerjaan yang mudah lantaran membutuhkan anggaran yang cukup besar.

“Saya sebagai Ketum DM sangat mengapresiasi panitia pelantikan dan pesta bona taon yang telah mencoba menuangkan dalam perencanaan anggaran yang dikemas dalam proposal yang sedang berjalan. Dukungan semua kalangan sangat dibutuhkan agar program kita bisa tercapai,” katanya.

Berikut susunan pengurus DM LABB 2022-2027: Ketua Dewan Penasehat Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu; Ketua Umum St. Dr. Pontas Sinaga, MSc.[br]



Wakil Ketua Umum Bidang Marsda TNI (Purn) JFP Sitompul (Hubungan Kelembagaan); Ir. Japinal Sagala, MM (Adat dan Seni Budaya); Drs. Martua Situngkir, Ak (Ekonomi Kreatif dan Fundraising); Marsma TNI (Purn) Darlis Pangaribuan, MSc (Organisasi dan Pemberdayaan Marga); Prof. Dr. Laurence Manullang (Pendidikan, Pemuda, SDM & Generasi Muda); Drs. Jackson M. Turnip, MH (Hukum Adat); Drs. BMH. Siregar (Komunikasi dan Informasi); Drs. Beatus Sinaga, MM (Sosial dan Lingkungan)

Sekretaris Umum Sepri Situmeang, SPi, MM; Wakil Sekretaris Umum Johannes Marbun, SS, MA; Bendahara Ir. Johansen Silalahi; Wakil Bendahara, Rizal M Hutauruk.

Ketua Badan Kerja Sama dan Usaha Ir. Manuara Siahaan; Ketua Badan Hukum dan Advokasi Pdt. Dr. Marihot Siringiringo, SH, MH; Ketua Badan Bimbingan dan Penyuluhan Adat dan Seni Budaya Ir. Nicolas Naibaho, MBA. (*)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Tim Gabungan Pembentukan LABB Daerah dibentuk, Pilot Project Kabupaten Samosir
LABB Sebut Pembantai Warga Gereja di Sigi Adalah Manusia Biadab dan Tidak Beragama
komentar
beritaTerbaru