Dewas Yayasan HKBP Nommensen Sarankan Orang Tua Dorong Putra-Putrinya ke Perguruan Tinggi


234 view
Dewas Yayasan HKBP Nommensen Sarankan Orang Tua Dorong Putra-Putrinya ke Perguruan Tinggi
Foto: SIB/Ekoinra Siahaan
HADIRI : Dewan Pengawas Yayasan HKBP, Dr Capt Anthon Sihombing (ketiga dari kanan) saat menghadiri acara wisuda mahasiswa di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Rabu (6/12). 

Pematangsiantar (SIB)

Dewan Pengawas Yayasan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Nommensen, Dr Capt Anthon Sihombing menyarankan para orang tua agar mendorong putra putrinya untuk menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi. Hal itu diungkapkan Anthon saat memberi sambutan pada acara wisuda di Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Rabu (6/12).

Anthon mengatakan, pemerintah memiliki kewajiban untuk mencerdaskan anak anak bangsa. "Yang dicerdaskan itu bukan kelompok, bukan kualitas orang tertentu. Tetapi, bagaimana perguruan tinggi itu tersosialisasi kepada masyarakat, sehingga semua bisa mengenyam pendidikan. Jadi masih diuntungkan agar putra putri Indonesia ini, kuliah menuntut ilmu setinggi tingginya. Oleh karena itu, pemerintah mengalokasikan dana 20 persen dari APBN untuk pendidikan," ungkap Anthon.

Kalau kita melihat ke tingkat Asia, sambung Anthon, dari 25 negara atau 100 universitas, Universitas Indonesia (UI) berada diperingkat 48. Di Asia Tenggara UI diperingkat 10. Oleh karena itu, kita tetap meminta agar Departemen Pendidikan dan Dikti bekerja keras bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

"Inilah yang kita kejar. Dan, kalau kita lagi meningkatkan dimana pendidikan itu yang paling banyak. Sepuluh universitas terbaik di dunia ini. Di Amerika itu, 64 persen, atau 10 peringkat terbaik universitas di dunia, yang selalu dirilis. Apalagi untuk tahun 2023, tujuh universitas ada di Amerika. Nomor satu adalah Universitas Oxford di Inggris dan kedua Universitas Harvard, yang ketiga Universitas Cambridge. Bayangkan, 3 dari Inggris, 7 dari Amerika. Tetapi tidak kalah dengan Cina, mengenai penelitian Cina lebih tinggi dari Amerika," terangnya.

"Saya percaya kepada Universitas Nommensen, dengan inovasi dan improvisasi yang dilakukan. Saudara-saudari yang saya cintai, yakin dan percayalah Tuhan akan tetap menyertai kalian generasi generasi muda, jangan jadi pengecut, singsingkan lengan bajumu, harus berbuat sesuatu untuk bangsa dan negara," pungkasnya.(**)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com