Dianggap Bisa Cegah Covid-19, Kelapa Hijau Muda Laris di Medan


211 view
Dianggap Bisa Cegah Covid-19, Kelapa Hijau Muda Laris di Medan
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/ama. (ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS)
Pedagang menata buah kelapa muda di salah satu pusat penjualan kelapa muda di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (12/5/2019). (Ilustrasi)
Medan (SIB)
Disebut-sebut dapat mencegah dan menyembuhkan Covid-19, air kelapa muda hijau banyak dibeli masyarakat di Medan.
Menurut pantauan SIB, Selasa (22/6) warung atau lapak penjual minuman air kelapa muda ramai didatangi warga karena dianggap ampuh mencegah dan menyebuhkan Covid-19 jika mengonsumsi air kelapa tersebut.

Lokasi penjualan terdapat hampir di berbagai kawasan di Medan antara lain di Jalan Adam Malik, Jalan Krakatau dan Jalan Yos Sudarso kawasan Polonia, Simpanglimun, Jalan AR Hakim dan Jalan Pancing Medan.

“Ada yang singgah membeli dan langsung membawanya pulang,ada juga minum di tempat. Ada juga membeli dalam jumlah banyak, misalnya satu orang membawa 10 pesanan atau titipan," ungkap Leman pedagang air kelapa muda di Jalan Krakatau kepada SIB, Selasa (22/6) sore.

Ia mengatakan, dagangannya ini laris manis, sehari bisa terjual 100 buah kelapa bahkan lebih. "Buah kelapa dibawa pakai mobil pick-up ke tempat jualan saya di Jalan Krakatau dengan harga beli Rp11.000 hingga Rp11.500 per buah. Sedangkan kita menjualnya Rp13.000 ke konsumen per buah plus tambah sebuah jeruk kasturi,” ujarnya.

Kelapa hijau yang banyak dijual di Mrdan umumnya dipasok dari sejumlah daerah antara lain Binjai, Langkat, Deliserdang dan Hamparanperak. "Jadi penjual buah kelapa hijau langsung mengantar ke tempat penjualan kami. Sejak pandemi Covid-19, pembeli datang silih berganti,” ucap Leman.

Salah seorang pembeli Ny Juni Saragih kepada SIB mengatakan, bersama keluarga dia sering mengonsumsi air kelapa.dan memang benar-benar ampuh mencegah Covid.

Caranya 1 buah kelapa diberi campuran 0,5 sendok garam, 1 buah jeruk nipis dan 2 sendok madu. Diaduk lalu diminum. “Rasanya tubuh menjadi segar dan kita pulih,” jelas Juni.

Air kelapa bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan disebut, air dan isi buah kelapa yang dipanaskan bisa mencegah kanker, mencegah penuaan dini, penyakit batu ginjal, kesehatan kulit dan pencernaan juga bagi ibu hamil,” kata Juni. (A1/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com