Diduga Pungli ke Pemandian Air Panas, Lima Orang Ditahan Polisi


1.844 view
Diduga Pungli ke Pemandian Air Panas, Lima Orang Ditahan Polisi
Foto harianSIB.com/dokb1
Ditahan: Kelima diduga pelaku Pungli ke DTW pemandian air panas di simpang Desa Semangat Gunung (Simpang Doulu) saat ditahan polisi, Selasa (22/6/2021).
Kabanjahe (harianSIB.com)

Sebanyak lima orang yang diduga pelaku Pungli wisatawan di Simpang Doulu (Simpang Desa Semangat Gunung), Karo ditangkap serta ditahan polisi. Kelimanya dipersangkakan atau dikenakan pidana pemerasan sebagaimana bunyi pasal 368 KUHP. Hal ini disebutkan Kasat Reskrim Polres Tanah Karo, AKP Adrian Risky Lubis SIK melalui KBO Iptu S Silalahi, Selasa (22/6/2021) di ruangannya.

Disebutnya, kelimanya yakni, JS, RBS, WSG, JP serta BS. "Kelimanya diamankan pekan lalu, kini sudah kita tahan," katanya.

Jurnalis Koran SIB Marlinto Sihotang melaporkan,lima pria ini ditangkap karena melakukan Pungli berkedok retribusi kepada para pengunjung untuk masuk ke pemandian air panas yang berada di Deesa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo. Penangkapan berdasarkan adanya laporan masyarakat nomor laporan polisi LP/B/521/VI/2021/SPKT/POLRES TANAH KARO/POLDA SUMUT.

Dalam laporannya, korban menyebut dipaksa membayar Rp 5.000/orang dengan alasan retribusi uang masuk. Pelapor merasa keberatan dan tidak mau memberikan uang tersebut serta bertanya atas dasar apa kutipan sehingga sempat terjadi cekcok antara pelapor dan pelaku pungli.

Dari kelima pelaku pungli ini diamankan barang bukti berupa uang Rp 1.028.000, 1 blok karcis masuk, buku catatan dan 2 id card. "Kelima para pelaku dijerat pasal 368 KUHPidana tentang pemerasan dengan ancaman penjara maksimal 9 tahun," katanya.(*)

Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Tag: Karo
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com