Dinas PKH Asahan Gelar Vaksinasi Rabies


245 view
Dinas PKH Asahan Gelar Vaksinasi Rabies
Foto Dok/Januar
SUNTIK: Para petugas kesehatan dari Dinas PKH Asahan saat menyuntikkan valsin rabies ke salah satu kucing, Rabu (28/9) di halaman kantor Dinas PKH. 

Kisaran (SIB)


Dalam rangka memeringati Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan menggelar vaksinasi massal hewan kesayangan secara gratis, Rabu (28/9) di lingkungan dinas tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PKH drh Yusnani didampingi Kabid Kesmavet Lucy Hutapea kepada SIB di sela-sela kegiatan pelayanan vaksinasi.bahwa beberapa hewan yang menularkan rabies diantaranya, kucing, anjing dan kera. Oleh karenya, untuk tindakan pencegahan dan pemberantasan rabies yakni menghindari kejadian gigitan seperti tidak ikut terlibat antara perkelahian hewan dan tidak menyentuh hewan liar sekalipun terlihat jinak.

Kemudian, vaksinasi secara teratur hewan peliharaan, jangan bawa anjing ke tempat/daerah tertular rabies serta eliminasi hewan penular yang tidak bertuan.

Dijelaskannya lagi, bila seseorang digigit hewan yang menderita rabies, tindakan pertama yang harus dilakukan yakni, mencuci luka gigitan secepatnya dengan sabun atau deterjen sela 5-10 menit. Luka dicuci/dibilas dengan air bersih yang mengalir lalu beri alkohol 70 persen atau yodium tincture.

Kemudian, segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan, serta dilakukan tindakan suntikan vaksin anti rabies (VAR).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com