Dinas PPPA Simalungun Monitoring SRA di SMP N 1 Sidamanik


178 view
Dinas PPPA Simalungun Monitoring SRA di SMP N 1 Sidamanik
(Foto: SIB/Revado Marpaung)
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Simalungun Sri Wahyuni SP MSi (dua dari kiri) didampingi Kepala Sekolah Alimuda P Lumbantobing SPd saat melakukan monitoring Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMP N 1 Sidamanik, Senin (7/11). 

Sidamanik (SIB)

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sri Wahyuni SP MSi melakukan kunjungan kerja untuk monitoring Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMP Negeri 1 Sidamanik, Senin (7/11).


Dalam kunjungan itu, Kadis didampingi Kepala SMP N 1 Sidamanik Alimuda P Lumbantobing SPd mengelilingi sekolah sembari memberikan masukan kepada pihak sekolah untuk lebih menjaga kebersihan, menata dan memanfaatkan tempat yang kosong untuk dijadikan arena bermain anak ataupun semacam tempat baca buku siswa.


Di sela-sela monitoring, Sri Wahyuni saat diwawancarai SIB mengaku, kegiatan monitoring dan evaluasi kaitan dengan Sekolah Ramah Anak yang sudah dimulai April lalu.


Kata Kadis, monitoring SRA ini bertujuan untuk menciptakan pemenuhan anak dan perlindungan anak di seluruh SD dan SMP di Kabupaten Simalungun.


Menurutnya, ada beberapa hak anak yang perlu dipenuhi di dalam lingkungan sekolah.


Salah satunya hak bermain. Mengingat dengan kondisi sekarang begitu banyak gadget yang digunakan anak-anak.


Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya ingin menciptakan sekolah yang ramah anak di seputar sekolah tersebut dengan membuat ruang bermain anak yang aman.


Lanjutnya, ada enam komponen SRA (Sekolah Ramah Anak) yang harus dipenuhi, yakni Kebijakan SRA, kegiatan proses belajar yang ramah anak, pendidik dan tenaga pendidik terlatih hak-hak anak dan SRA, sarana dan prasarana yang ramah anak, partisipasi anak dan partisipasi orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha stakeholder dan alumni.


Kadis mengaku untuk hasil kunjungan di SMP N 1 Sidamanik beberapa kriteria SRA sudah terpenuhi dan dilaksanakan Kepsek dan seluruh guru terkait dalam pemenuhan hak anak dan kriteria ramah anak di lingkungan sekolah.


Dia berpesan agar setiap kekurangan-kekurangan yang ada segera dilaksanakan dan ditindaklanjuti.


"Paling penting yang harus menjadi perhatian semua sekolah yaitu bagaimana kebersihan kamar mandi, ini yang paling utama," tutupnya.


Sementara Kepala Sekolah Alimuda P Lumbantobing SPd mengaku akan lebih meningkatkan dan memperbaiki setiap kekurangan yang ada di sekolah demi tercapainya program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMP N 1 Sidamanik, pungkasnya. (D10/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com