Dinas Pariwisata Simalungun Diminta Kelola Desa Wisata


90 view
Dinas Pariwisata Simalungun Diminta Kelola Desa Wisata
Foto Dok
Timbul Jaya Sibarani SH
Simalungun (SIB)
Prospek kawasan strategis nasional (KSN) Danau Toba sebagai tujuan pariwisata cukup cerah, kejenuhan pengunjung di satu lokasi perlu diperhatikan dan diantisipasi. Kadis Pariwisata Simalungun diminta dapat menyusun program perjalanan paket wisata di beberapa lokasi, yang nuansanya saling berbeda seperti wisata alam, budaya, sejarah, seni maupun wisata agro dan kreatifitas.

Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani SH, Selasa (11/1) mengatakan, spot-spot wisata dikemas dengan mengembangkan beberapa desa wisata dari 386 desa yang menyebar di 32 kecamatan. Potensi desa yang saling berbeda dikemas dengan apik, sehingga dapat menarik perhatian pengunjung, bahkan ingin tinggal lebih lama lagi di satu tempat tertentu.

Potensi andalan masing-masing desa baik budaya, seni dan yang lainnya diharapkan dapat dilengkapi dengan narasi setiap obyek. Penjelasan di dalam narasi itu tadi memberitahukan kepada pengunjung tentang latar belakang obyek tersebut.

Selain membangun dan mengembangkan spot-spot wisata di luar perairan Danau Toba, masing-masing daerah melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan instansi terkait lainnya, seperti Badan Pengelola Otorita Danau Toba, diharapkan dapat membina, lakukan edukasi kepada masyarakat untuk sadar wisata dan turut berperan aktif hindari terjadinya pencemaran lingkungan.

"Masa depan bisnis pariwisata kawasan Danau Toba cukup cerah. Selain meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat, sektor pariwisata Danau Toba diharapkan berkontribusi untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah," sebut Sibarani.

DPRD Simalungun dikatakan selalu siap memberikan dukungan, baik dalam percepatan regulasi dan persetujuan anggaran sesuai dengan kemampuan keuangan di dalam APBD. (BR4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com