Dinas Pendidikan Dairi Siapkan Juknis dan Juklak PTM Terbatas


282 view
Dinas Pendidikan Dairi Siapkan Juknis dan Juklak PTM Terbatas
Foto Istimewa
Jaspin Sihombing
Sidikalang (SIB)
Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi siapkan petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pelaksanaan (Juklak) pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Dairi. Uji coba PTM terbatas dilakukan untuk satuan pendidikan sekolah menengah pertama (SMP).

"Akan dilakukan uji coba PTM terbatas bagi SMP yang sudah siap sesuai Juknis dan Juklak. Uji coba akan dilakukan setelah Instruksi Bupati Dairi No. 188.5/5214 Tahun 2021, yang akan berakhir pada 13 September," kata Kepala Dinas Pendidikan Dairi, Jonni Waslin Purba melalui Sekretaris, Jaspin Sihombing bersama Kabid SD, Elpis Panggabean, Rabu (1/9) di Sidikalang.

Ada ketentuan pelaksanaan PTM terbatas, dimana guru dan tenaga kependidikan harus sudah vaksin lengkap, tatap muka terbatas jumlah siswa maksimal 33 persen dari kapasitas kelas dengan jarak tempat duduk 1,5 meter.

Kemudian kata mereka, semua warga sekolah harus menggunakan masker dan facesield. PTM terbatas dilaksanakan dengan prokes ketat dan dapat persetujuan dari Satgas Penanganan Covid-19 Dairi.

Sesuai data minggu lalu, data sekolah di Dairi yang gurunya sudah vaksin 100 persen sebanyak 10 SMP dan 23 SD, baik negeri maupun swasta. Sementara jumlah guru ASN dan honorer di Dairi sebanyak 4.016 orang, dimana sebanyak 912 orang belum mengikuti vaksinasi dengan alasan penyakit komorbid dan kondisi mengandung (hamil).

Pihaknya mendesak kepala sekolah, agar guru dan tenaga kependidikan mengikuti vaksinasi. "Kasek jangan terlena, harus mendesak guru dan tenaga kependidikan ikut vaksinasi," ucap mereka.

Sementara untuk penerapan prokes di sekolah, lanjut keduanya, kepala sekolah membentuk Satgas Penanganan Covid-19 Sekolah, menyediakan kamar mandi, pembenahan air bersih, alat semprot disinfektan, masker, facesield, tempat cuci tangan dan thermogan.

"Dari sarana prokes sekolah sudah siap. Hampir 90 persen sekolah di Dairi sudah siap dari segi prasarana prokes. Dimana anggaran penanganan Covid-19 di sekolah dari bantuan operasional sekolah (BOS)," ucap mereka.

Lanjutnya, pada pelaksanaan PTM terbatas guru yang belum mengikuti vaksinasi tidak diperbolehkan mengajar tatap muka, tetapi dalam jaringan (Daring) sesuai jam pelajaran yang sudah ditentukan.

Uji coba PTM terbatas akan melibatkan Satgas Penanganan Covid-19 Dairi sebagai monitoring pelaksanaan. (B3/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com