Dinas Sosial Karo Batalkan Usulan Santunan Korban Meninggal Covid-19


224 view
Dinas Sosial Karo Batalkan Usulan Santunan Korban Meninggal Covid-19
(Foto: SIB/Sonry Purba)
DIWAWANCARAI : Kadis Sosial Karo Benyamin Sukatendel didampingi Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Elly Br Perangin-angin SP dan Plt Kasi Fasilitasi Korban Bencana, Sutrisno Tambunan kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/3). 
Karo (SIB)
Dinas Sosial Kabupaten Karo membatalkan usulan santunan korban meninggal akibat Covid-19 senilai Rp 15 juta untuk ahli warisnya.

Pasalnya, Kementerian Sosial (Kemensos) tidak ada alokasi anggaran tahun 2021 santunan bagi ahli waris korban meninggal akibat Covid-19. Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 150/3.2/BS.01.02/02/2021tertanggal 18 Pebruari tentang Rekomendasi dan Usulan Santunan Ahli Waris Korban Meninggal Akibat Covid-19 yang dikeluarkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial (PSKBS) Kemensos.

Demikian disampaikan Kadis Sosial Karo, Benyamin Sukatendel didampingi Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Elly Br Perangin-angin SP, Plt Kasi Fasilitasi Korban Bencana, Sutrisno Tambunan kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/3).

Di samping itu katanya, Surat Kepala Dinas Sosial Sumut nomor 465.2/0593/Dinsos/II/2021 tertanggal 23 Februari 2021 bahwa, tahun anggaran 2021 tidak tersedia alokasi anggaran santunan korban meninggal akibat Covid-19 bagi ahli waris pada Kementerian Sosial, sehingga terkait dengan usulan yang disampaikan Kepala Desa/Lurah sebelumnya tidak dapat ditindaklanjuti Kementerian Sosial RI.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengajukan sekitar 24 berkas nama pengajuan santunan untuk keluarga korban meninggal akibat Covid-19. Namun karena ada Surat Edaran dari Kementerian Sosial dan Dinas Sosial Sumut, pihaknya tidak dapat menindaklanjuti.

"Kami juga telah menyampaikan surat kepada usulan ahli waris kepada korban meninggal dunia akibat Covid-19 tidak dapat ditindak lanjuti untuk menerima santunan," katanya. (BR2/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Tag:santunan
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com