Dinilai Asal Jadi, Aliansi Masyarakat Silabah Jaya Minta Pembangunan Lapen Menuju Silayur Dibongkar

* Camat Dolok Pardamean: Hari ini Diperbaiki

140 view
Dinilai Asal Jadi, Aliansi Masyarakat Silabah Jaya Minta Pembangunan Lapen Menuju Silayur Dibongkar
(Foto: SIB/Revado Marpaung)
Ketua Aliansi Masyarakat Silabah Jaya Jhon Dearman Turnip menunjukkan batu kerikil yang telah terkelupas serta kondisi jalan pembangunan lapen yang baru selesai dikerjakan sudah bergelombang, Rabu (25/5). 

Silabah Jaya (SIB)

Aliansi Masyarakat Nagori Silabah Jaya Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun meminta pembangunan lapen menuju Silayur dibongkar. Pasalnya, pembangunan jalan lapen tersebut dinilai asal jadi dikerjakan.


Ketua Aliansi Masyarakat Silabah Jaya, Jhon Dearman Turnip kepada SIB, Rabu (25/5) mengaku pembangunan jalan itu dikerjakan asal jadi. Hal itu dibuktikan jalan yang masih satu hari selesai dikerjakan sudah rusak.


Kualitas jalan tersebut sangat rendah karena proses penggilasan tidak maksimal sehingga jalan bergelombang dan batu kerikil sudah terkelupas.


Jhon juga menjelaskan, proses pengerjaan yang asal jadi itu merupakan bentuk penghamburan Dana Desa yang tidak diawasi secara ketat oleh pihak TPK dan mandulnya peran pengawasan pendamping desa baik nagori maupun pendamping desa kecamatan.


Diakui Jhon, pemerintah sudah berulang kali menyampaikan kepada masyarakat agar ikut memonitoring pembangunan desa sesuai UU pasal 68 Nomor 6/2014 yang mengatur hak dan kewajiban masyarakat desa untuk mendapatkan akses dan dilibatkan dalam pembangunan desa.


Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang merasakan langsung pembangunan desa yang bersumber dari Dana Desa, kami ingin aparat penegak hukum bersama Inspektorat Simalungun turun ke lapangan dan mengecek langsung pembangunan jalan Lapen ini.


"Kami masyarakat meminta agar jalan lapen ini dibongkar dan dibangun kembali sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan perencanaan awal," pungkasnya.


Pantauan SIB di lokasi, terlihat di beberapa titik jalan yang dibangun bergelombang dan batunya juga sudah terkelupas. Sehingga dikhawatirkan pembangunan jalan ini tidak akan bertahan lama.


Sementara pada plank kegiatan disebutkan nama kegiatan pekerjaan peningkatan jalan lapen dari simpang menuju Silayur volume 300x2,5x0,05 meter di dusun III Nagori Silabah Jaya berbiaya Rp 153.492.825 yang bersumber dari dana desa tahun anggaran 2022.


Terpisah, Pangulu Silabah Jaya Bitnen Sijabat ketika dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Rabu(26/5) hingga Jumat(28/5) tidak membalas meski pesan telah dibaca.


Diperbaiki

Sementara Camat Dolok Pardamean Rulianto Girsang MSi saat dimintai keterangan terkait pengerjaan lapen di Nagori Silabah Jaya yang telah rusak, ia mengatakan hari ini Jumat (27/5) sudah diperbaiki, seraya menyarankan agar kordinasi dengan Pangulu Silabah Jaya, tutupnya. (D10/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com