Dinkes Belum Temukan Kasus Cacar Monyet di Simalungun


127 view
Dinkes Belum Temukan Kasus Cacar Monyet di Simalungun
Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang
Kepala Dinas Kesehatan Simalungun, Edwin Tony Simanjuntak. 

Simalungun (harianSIB.com)


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Simalungun, Edwin Tony Simanjuntak menyatakan hingga saat ini belum ada ditemukan kasus cacar monyet di Kabupaten Simalungun.


Meski demikian, pihaknya tetap melakukan sejumlah kewaspadaan untuk mencegah terjadinya penularan.


"Hingga saat ini belum ada laporan kasus cacar monyet. Masyarakat tidak perlu panik," kata Edwin, Rabu (24/8/2022).


Menurutnya, Dinas Kesehatan tetap melakukan kewaspadaan dengan memperbarui situasi dan frekuensi question (FAQ). Juga disiapkan surat edaran untuk meningkatkan kewaspadaan di setiap wilayah.


"Pedoman pencegahan dan pengendalian cacar monyet dilakukan untuk menyesuaikan situasi dan informasi baru dari WHO, khususnya mengenai surveilans, tata laksana klinis, komunikasi resiko dan pengelolaan laboratorium," urainya.


Katanya, cacar monyet disebabkan virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis.


"Penularannya melalui kontak erat dengan hewan atau manusia yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi virus. Penularan dapat melalui darah, air liur, cairan tubuh, lesi kulit atau cairan pada cacar, kemudian droplet pernapasan,” ujarnya.


Jika ada warga mengalami gejala demam dan ruam diharapkan segera memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.


Masyarakat juga diimbau mematuhi protokol kesehatan dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker serta melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com