Dinkes Simalungun Diminta Peka Sikapi Munculnya Kasus Hepatitis Akut Misterius


267 view
Dinkes Simalungun Diminta Peka Sikapi Munculnya Kasus Hepatitis Akut Misterius
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani 

Simalungun (SIB)

Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simalungun diminta peka menyikapi munculnya kasus hepatitis akut misterius.


Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani menyampaikan informasi tersebut kepada wartawan melalui telepon selulernya, Jumat (6/5) menyikapi munculnya dugaan kasus hepatitis akut misterius terjadi di 20 negara dan 114 orang dengan sindrom kuning ditemukan di Jatim.


Lebih lanjut disampaikan Sibarani, meski di Sumatera Utara belum ditemukan adanya kasus tersebut, pihak Dinkes diminta peka dan selalu berkoordinasi dengan para kepala Puskesmas untuk memonitor dan melaporkan perkembangan setiap ada warga yang datang berobat ke Puskesmas.


Deteksi dini dan peningkatan kewaspadaan perlu dilakukan untuk upaya pencegahan. Untuk itu dianya berharap kepada pihak Dinkes Simalungun senantiasa mensosialisasikan pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah-tengah masyarakat.


"Jika masyarakat menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari, dianya optimis dapat terhindar dari serangan penyakit itu", sebut Sibarani.(D4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com