Dinsos Catat 461.630 Warga Simalungun Masuk DTKS


560 view
Dinsos Catat 461.630 Warga Simalungun Masuk DTKS
Foto: Ist/harianSIB.com
Kepala Dinas Sosial Simalungun, Sakban Saragih

Simalungun (harianSIB.com)

Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten Simalungun mencatat 461.630 warga Kabupaten Simalungun masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dari total jumlah penduduknya 1.038.535 jiwa.


"DTKS 461.630 jiwa atau 165.553 kepala keluarga. Kami berupaya terus untuk melakukan verifikasi dan validasi data supaya lebih akurat," kata Kepala Dinas Sosial Simalungun Sakban Saragih, Selasa (5/4/2022).


Menurutnya, DTKS sebagai salah satu acuan dalam penentuan keluarga penerima bantuan dari pemerintah seperti bantuan pangan non tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Penerima Bantuan Iuran (PBI).


"Di Simalungun, penerima PKH sekira 27 ribu dan BPNT kurang lebih 51 ribu," urainya.


Dalam kaitan verifikasi dan validasi data, katanya, ditemukan sejumlah masalah di antaranya menyangkut banyaknya penerima bantuan PBI, KIP, PKH, BPNT yang masih di luar DTKS.


"Muncul juga masalah mengenai penerima bantuan yang tidak tepat sasaran, NIK (Nomor Induk Kependudukan) tidak padan dengan Capil (Catatan Sipil) dan NIK ganda," imbuhnya.


Untuk mendapatkan data akurat, Dinsos berkoordinasi dengan aparatur desa dan kelurahan. Penentuan DTKS harus melalui kedaulatan musyawarah.


"Kami tetap pantau rapat verifikasi dan validasi data di tingkat desa dan kelurahan. Semoga tidak ada nepotisme di dalam musyawarah desa dan kelurahan agar bantuan pemerintah tepat sasaran," pungkasnya. (*)

Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com