Musnahkan 51,82 Gram Sabu di BNNK Sergai

Direktur PSM BNN RI Ajak Semua Stakeholder Bergerak Selamatkan Masyarakat Dari Bahaya Narkoba


157 view
Direktur PSM BNN RI Ajak Semua Stakeholder Bergerak Selamatkan Masyarakat Dari Bahaya Narkoba
Foto Dok/LS
PAPARKAN : Direktur PSM BNN RI Brigjend Pol Richard Nainggolan, bersama Kasubbid Labfor Poldasu AKBP Debora, Kepala BNNK Sergai Pinondang Poltak Marganda, Bupati Sergai Darma Wijaya, Kasi Pidum Jenda Riahta, perwakilan Polres Sergai, para OPD dan Camat, saat memaparkan pemusnahan sabu dengan berat 51,82 gram di kantor BNNK Sergai, Rabu (17/11/2021).
Sergai (harianSIB.com)

Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Serdangbedagai (Sergai) memusnahkan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat 51,82 gram di kantor BNNK Sergai di Seirampah, Rabu (17/11/2021).

Pemusnahan barang bukti tersebut dihadiri Direktur Peran Serta Masyarakat (PSM) Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia (RI) Brigjend Pol Richard Nainggolan, Kasubbid Laboratorium Forensik Poldasu AKBP Debora, Kepala BNNK Sergai Pinondang Poltak Marganda, Bupati Sergai Darma Wijaya, Kasi Pidum Sergai Jenda Riahta, perwakilan Polres Sergai, para OPD dan Camat Sergai.

Direktur PSM BNN RI Brigjen Pol Richard Nainggolan mengatakan pemusnahan barang bukti merupakan amanah undang-undang yang merupakan kewajiban penyidik.

"Pemusnahan barang bukti sesuai dengan amanat UU. Ini merupakan prestasi luar biasa dari BNNK Sergai. Dengan pemusnahan ini banyak orang yang terselamatkan," ujarnya.

Nainggolan menambahkan pencegahan dan pemberantasan narkoba merupakan tanggung jawab seluruh stakeholder. Dengan menciptakan masyarakat tanggap narkoba, maka semakin banyak masyarakat yang terselamatkan dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

"Semua stakeholder harus bergerak selamatkan masyarakat dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Semakin banyak barang bukti yang dimusnahkan, semakin banyak anak bangsa yang diselamatkan," sebutnya.

Sementara itu, Bupati Sergai Darma Wijaya mengatakan, Kabupaten Sergai sedang darurat narkoba jenis sabu. Hal ini mengkhawatirkan masa depan generasi muda terutama daerah pesisir pantai yang berbatasan dengan negara luar.

"Kalau bisa kita tangkap bandarnya, karena penyalahgunaan narkoba rata-rata generasi muda," ucapnya.

Dia menegaskan mendukung sepenuhnya BNNK Sergai untuk memberantas dan mengungkap kasus narkoba di Sergai. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat jangan takut untuk melaporkan jika mengetahui terjadi penyalahgunaan narkoba di lingkungannya.

"Masyarakat jangan takut untuk melapor bila ada mengetahui peredaran narkoba, ini demi masa depan generasi kita," ujar Darma Wijaya.

Di tempat yang sama, Kepala BNNK Sergai Pinondang Poltak Marganda, mengatakan pemusnahan barang bukti berasal dari penangkapan selama beberapa hari.

"Kita berkolaborasi dengan semua stakeholder, terutama warga agar Sergai aman dari peredaran narkoba. Pemusnahan kali ini berasal dari dua barang bukti Laporan Kejadian Narkoba (LKN). Penangkapan di bulan September dan November 2021," paparnya. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com