Dirut Bank Sumut Kosong Hampir 2 Bulan, 2 Calon Diajukan ke OJK


77 view
Istimewa
Bank Sumut
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan pemegang saham PT Bank Sumut sudah mengajukan 2 calon Direktur Utama kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk kemudian dilakukan penilaian uji kepatutan dan kelayakan.

Hal itu dikatakan Gubernur Edy Rahmayadi kepada wartawan di Rumah Dinas Gubernur Sumut di Jalan Sudirman Medan usai pelantikan eselon tiga Pemprov Sumut, Kamis (10/6).

Dijelaskan, saat ini PT Bank Sumut tetap berjalan seperti biasanya meski tanpa Direktur Utama pasca meninggalnya (Alm) Muhammad Budi Utomo Kamis 16 April 2021 lalu (kosong hampir 2 bulan, red). Karena masih ada 4 Direksi lainnya yang akan bekerja secara bersama-sama untuk memimpin Bank Sumut.

Karena itu tak perlu diangkat Plt Direktur Utama karena operasional tetap berjalan seperti biasa karena masih ada direksi lainnya yang bekerja secara kolektif kologial serta Bank Sumut telah memiliki standar operasial prosedur yang telah menjadi acuan baku bagi seluruh karyawan untuk bekerja.

Adapun kedua nama calon itu Brata Kesuma yang menjabat Komisaris Independen PT Bank Sumut dan Rahmat Fadillah Pohan yang menjabat Direktur Operasional Bank Sumut sebagai calon Direktur Utama.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani meminta Gubernur Sumut Edi Rahmayadi selaku pemegang saham terbesar di PT Bank Sumut, segera menunjuk Plt Dirut Bank Sumut, yang sudah dua bulan ini mengalami kekosongan pasca meninggalnya Budi Utomo.

"Kita tidak mempersoalkan siapapun Plt (Pelaksana Tugas) Dirut PT Bank Sumut yang akan ditunjuk Gubernur. Kita hanya ingin memaksimalkan kinerja bank plat merah milik Pemprov Sumut tersebut," ujar Rahmansyah Sibarani kepada wartawan, Senin (7/6) di DPRD Sumut saat hendak berangkat Kunker (kunjungan kerja) ke Dapilnya Kabupaten Tapteng, Taput, Toba, Samosir dan Humbahas.

Namun Rahmansyah sangat berharap, Plt Dirut yang akan ditunjuk nantinya, harus benar-benar yang paham dan mampu bekerja di dunia perbankan, guna memajukan PT Bank Sumut, sebab Plt merupakan orang yang bertanggungjawab mengendalikan bank tersebut. (A13/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com