Gedung SDN Dirobohkan di Biru-biru

Disdik Deliserdang Sebut Sekolah Dibangun di Lokasi yang Lama Bila Proyek Lau Simei-mei Selesai


104 view
Foto Istimewa
Ilustrasi perobohan sekolah
Lubukpakam (SIB)
Dinas Pendidikan (Disdik) Deliserdang membenarkan gedung SD Negeri 105305 di Dusun I Desa Mardinding, Kecamatan Biru-biru Kabupaten Deliserdang, dirobohkan untuk dijadikan lahan pengembangan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan Bendungan Lau Simei-mei. Disdik menegaskan untuk proses belajar mengajar nantinya jika sudah dapat tatap muka tidak akan terganggu.

"Benar sekolah itu dirobohkan namun kita membantah kalau disebut tidak ada sosialisasi. Sudah kita adakan rapat bersama komite sekolah, kepala sekolah dan kepala desa. Itu kan proyek strategis nasional, lokasi sekolah itu nanti akan dibuat lokasi penimbunan material pembangunan proyek. Mau tidak mau anak-anak harus kita ungsikan dulu dari sekolah," kata Kepala Disdik Deliserdang melalui Kabid Pembinaan SD, Samsuar Sinaga di Lubukpakam, Senin (10/5).

Dijelaskan, menunggu pembangunan bendungan itu selesai sudah ada kesepakatan antara pihak Disdik Deliserdang dengan pengembang. Jika nanti sudah ada belajar tatap muka maka transportasi dari Desa Mardinding ke Sekolah Don Bosco Katolik di Desa Penen akan dijamin pihak pengembang.

"Jadi tidak ada masalah. Kita harus mendukung proyek nasional. Ada yang menyarankan rapat kemarin agar Jambur atau balai desa dibuat tempat belajar namun lokasinya terlalu sempit dan kurang mendukung. Maka disepakati ke Don Bosco jika belajar tatap muka nantinya. Untuk biaya transportasi pulang balik akan dijamin pengembang," terang Sinaga.

Menurutnya, bangunan yang dirubuhkan sudah diganti rugi pengembang ke Pemkab Deliserdang. Apabila pembangunan Lau Simei-mei sudah tuntas nantinya dalam waktu 2-3 tahun, maka bangunan sekolah negeri baru tetap akan dibangun di lokasi yang lama.

"Sekolah yang baru nantinya tidak akan pindah lokasi ke mana-mana. Tetap di lokasi itu, tanah itu milik Pemkab sesuai akta yang dimiliki. Biaya pembangunan sekolah baru nantinya akan dialokasi dari APBD Pemkab Deliserdang," tutur Samsuar.

Samsuar Sinaga berharap kepada orangtua siswa di Desa Mardinding supaya bersabar dan tidak perlu khawatir. Hal itu terkendala akibat proyek strategis nasional. Namun untuk kelangsungan fasilitas belajar anak-anak, pihaknya dari Disdik Deliserdang akan ikut menjamin akan berjalan baik. (C3/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com