Ditengarai Banyak Bermasalah, DPRD Minta BPK RI Audit Secara Konprehensif Proyek di Labusel


383 view
Ditengarai Banyak Bermasalah, DPRD Minta BPK RI Audit Secara Konprehensif Proyek di Labusel
Foto: Net/harianSIB.com
Ilustrasi proyek

Kotapinang (harianSIB.com)

Anggota DPRD Kabupaten Labusel, Bayanuddin Dalimunthe meminta BPK RI untuk melakukan audit secara komprehensif proyek fisik di Kabupaten Labusel, tahun angggaran 2021.


Pasalnya, ditengarai banyak permasalahan dalam pelaksanaan proyek-proyek tersebut yang mencuat ke publik, mulai dari material, teknis pengerjaan, hingga waktu pelaksanaan.


"Sepanjang tahun 2021 banyak permasalahan terkait pelaksanaan proyek, mulai dari proses pelelangan yang berulang kali dibatalkan, material yang digunakan, tehnis pekerjaan, hingga waktu pelaksanaan yang molor melewati waktu kontrak," kata Bayanuddin kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).


Politisi Partai Demokrat itu mengatakan, saat ini BPK RI sudah mulai melakukan audit tahap pertama. Dia berharap, auditor melakukannya secara komprehensif dan akuntabel, sehingga negara tidak dirugikan.


"Kabupaten ini merupakan daerah otonomi baru dan membutuhkan banyak pembangunan dengan anggaran yang masih relatif kecil. Karenanya, jangan sampai negara dirugikan akibat pekerjaan yang tidak semestinya," katanya.


Disebutkan, keuangan merupakan salah satu unsur pokok dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan mempunyai manfaat yang sangat penting guna mewujudkan tujuan untuk mencapai masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, kata dia, perlu dilakukan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan.


"Pelaksanaan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara dilakukan dalam rangka menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme," katanya.

(*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com