* Serahkan Bantuan Alsintan

Djarot Syaiful Hidayat Siap Usulkan Kebutuhan Pertanian Dairi ke Kementan


194 view
Djarot Syaiful Hidayat Siap Usulkan Kebutuhan Pertanian Dairi ke Kementan
(Foto: Dok/Kominfo Dairi)
FOTO BERSAMA: Anggota DPR RI Komisi IV Djarot Syaiful Hidayat, Bupati Dairi Eddy KA Berutu dan lainnya foto bersama usai penyerahan bantuan Alsintan kepada kelompok tani di Dairi, Senin (24/10) di Sidikalang. 

Sidikalang (SIB)

Anggota Komisi IV DPR RI Djarot Syaiful Hidayat serahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di Dairi, Senin (24/10) di Sidikalang.


Bantuan Alsintan yang diserahkan berupa hand tracktor, hand sprayer eletrik kepada kelompok tani.


Penyerahan bantuan turut dihadiri Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Dairi Robot Simanullang, anggota DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan, Ketua DPC PDI Perjuangan Dairi Resoalon Lumban Gaol, serta kelompok tani penerima bantuan.


Djarot Syaiful Hidayat menyampaikan, dapat dimanfaatkan secara maksimal, untuk meningkatkan produktifitas dan meringankan beban petani.


Lanjutnya, di Dairi sudah diberikan program unit pengolahan pupuk organik, dimana sapinya akan diupayakan dari Pemprov Sumut.


"Kita paham Pemkab Dairi tidak bisa bergerak sendiri mewujudkan masyarakat petani sebagai tulang punggung bangsa menjadi makmur, sehingga perlu dibantu dari provinsi dan dari pusat," ungkapnya.


Katanya, potensi pertanian sangat luar biasa. Oleh karena itu, pihaknya siap menyampaikan ke Kementerian Pertanian, apa yang dibutuhkan petani di Dairi. Sehingga petani di Kabupaten Dairi bisa maju dan makmur kedepan.


"Bila potensi itu jagung, kita akan mengusulkan kebutuhan pertanian ke Kementerian Pertanian, untuk mendongkrak hasil pertanian jagung di Dairi. Demikian dengan komoditi yang lain," ungkapnya.


Pada kesempatan itu, Eddy KA Berutu mengapresiasi perhatian Djarot Syaiful Hidayat kepada petani Dairi, yang sudah menggiring Alsintan. Diharapkan, bantuan ditahun yang akan datang lebih besar ke Dairi.


Bupati mengajak stakeholder bekerja lebih keras, agar petani Dairi kedepan maju.


Saat ini, petani tidak perlu lagi menunggu pemerintah dari segi permodalan, dimana perbankan siap memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah sebesar 3 persen.


Dinas Pertanian sudah menyiapkan ekosistemnya, menyiapkan mitra penyedia pupuk, bibit yang bersertifikasi serta mitra untuk menampung hasil produksi dalam mengantisipasi apabila produk pertanian melimpah dengan jaminan harga tidak jatuh. (B3/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com