Buang Sampah ke Parit Sulang-Saling

Dodi Simangunsong: Videokan Saja dan Laporkan, Bisa Didenda Rp 50 Juta atau 6 Bulan Penjara


192 view
Dodi Simangunsong: Videokan Saja dan Laporkan, Bisa Didenda Rp 50 Juta atau 6 Bulan Penjara
Foto SIB/ Horas Pasaribu
BINGKISAN: Anggota DPRD Medan Dodi Robert Simangunsong menyerahkan bingkisan kepada peserta Sosialsiasi Perda, ketika menyosialisasikan Perda  Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan, Minggu (24/7) di Jalan Sempurna Ujung, Kecamatan Medan Denai. 


“Tapi keengganan warga tidak mau berlangganan dengan petugas sampah bisa saja dikarenakan petugas angkut sampah tidak datang secara rutin. Sering juga warga mengeluhkan petugas datang sekali seminggu, padahal satu hari saja, sampah sudah menumpuk, apalagi seminggu tentu sudah bau busuk. Maka tidak heran warga mencari jalan pintas, membuang sampah ke sungai,” ungkapnya.


Meski demikian kata Dodi, apapun alasannya, membuang sampah sembarangan adalah perbuatan tidak terpuji dan melanggar Perda. Di dalam Perda ada ketentuan Pidananya yang tertuang dalam BAB XVI Perda Persampahan. Maka dia menghimbau kepada warga, jika mendapati orang membuang sampah sembarangan, segera videokan atau difoto, lalu laporkan kepada pihak berwajib.


“Pasal 35 disebutkan, setiap orang yang membuang sampah sembarangan bisa dipidana paling lama 3 bulan dan denda Rp 10 juta. Setiap Badan yang melanggar ketentuan tersebut bisa dipidana 6 bulan atau denda Rp 50 juta. Jika ada yang buang sampah sembarangan, laporkan saja, biar ada efek jeranya,” tegas Dodi. (A8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com