Dorong Pergub Perlindungan Lahan Pertanian Diterbitkan, Gerindra: Gubsu Pro Petani


89 view
Dorong Pergub Perlindungan Lahan Pertanian Diterbitkan, Gerindra: Gubsu Pro Petani
Foto Istimewa
Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut, H. Gus Irawan Pasaribu SE., Ak., MM., CA,
Medan (SIB)
Gerindra Sumut dukung Gubernur Edy Rahmayadi menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) untuk mengkawal Perda No 3 tahun 2015 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Ketua Gerindra Sumut yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sumut H Gus Irawan Pasaribu, Minggu (24/10).

Gus Irawan mengatakan, sudah ada perintah ke Fraksi Gerindra untuk mengecek terkait Pergub yang mengatur soal perlindungan lahan pertanian berkelanjutan, karena infonya belum ada Pergub aturan turunan dari Perda tersebut.

"Perda perlindungan lahan pertanian berkelanjutan itu sudah ada sejak 2015 lalu, namun Pergub-nya yang belum ada. Kalau Pergubnya diterbitkan, akan banyak sekali petani kita yang terlindungi, praktek-praktek ijon dan rentenir yang mencekik leher petani kita pasti perlahan akan hilang," kata Gus Irawan.

Katanya, menurut Data BPS di tahun 2016 luas lahan pertanian di Sumut yang beralih fungsi sudah mencapai 36.595 Ha. Artinya hal itu akan berangsur terus menerus terjadi dampak dari lemahnya perlindungan terhadap lahan pertanian berkelanjutan.

Gus Irawan menilai, respon Gubernur sangat bagus saat HKTI bersilaturahmi dan saat beliau hadir menyaksikan MoU antara HKTI dan Bank Sumut beberapa hari lalu.

Katanya, dalam kata sambutan Gubernur, jelas apa yang diucapkan beliau mencerminkan sikap pro terhadap petani. Beliau tidak ingin ada petani di Sumut yang terjerat praktek ijon dan rentenir.

Gus Irawan menjelaskan, di tengah pandemi Covid-19, ekonomi terkoreksi dalam, sektor yang menyumbang pertumbuhan ekonomi itu adalah sektor pertanian. Mestinya situasi saat ini kita memperhatikan sektor pertanian.

"Pemerintah pusat juga berupaya meningkatkan sektor pertanian dengan food estate, sebagai semangat menguatkan ketahanan pangan kita. Sumut harus ikut menguatkan ketahanan pangan, karena hampir seluruh masyarakat Sumut menggantung hidupnya dari sektor pertanian," tegas Gus Irawan.

Gus mengatakan, Gerindra dan HKTI Sumut yakin Pak Gubernur Edy Rahmayadi pro terhadap petani. Sehingga kita butuh saling menguatkan, untuk menjaga dan melindungi para petani kita agar kehidupannya sejahtera. (A17/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com